Berita

Lanud Rembiga Gelar Ziarah Hari Bakti TNI AU

Dibaca: 3 Oleh 28 Jul 2016Tidak ada komentar
BAe Hawk 209
#TNIAU 

Dalam rangka memperingati Hari Bakti TNI Angkatan Udara Ke 69 yang jatuh pada tanggal 29 Juli esok, Pangkalan TNI AU Rembiga gelar Ziarah rombongan dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Majeluk, Mataram (28/7).

Hari Bakti TNI Angkatan Udara yang diperingati tiap tanggal 29 Juli merupakan hari bersejarah bagi TNI AU dimana pada hari itu pada tahun 1947 dilaksanakan operasi udara pertama AURI dimana tiga penerbang dan tiga juru tembak udara berhasil melaksanakan pengeboman dengan sasaran markas-markas Belanda namun suasana haru, senang dan bangga akan keberhasilan itu berupah menjadi duka ketika pesawat Dakota VT-CLA yang membawa obat-obatan bantuan dari PMI Malaya untuk Indonesia ditembak jatuh oleh Belanda dan mengakibatkan gugurnya tiga perintis Angkatan Udara yakni Komodor Muda Udara Agustinus Adisutjipto, Komodor Muda Udara Prof. Dr Abdulrachman Saleh, dan Opsir Muda Udara Adi Sumarmo Wijrjokusumo.

Dipimpin langsung Komandan Lanud Rembiga Kolonel Pnb Bambang Gunarto, ST , seluruh personel Lanud Rembiga baik Perwira, Bintara, Tamtama, PNS juga Ibu-ibu PIA Ardhya Garini Cab. 6/D.II Lanud Rembiga serta para Purnawirawan Angkatan Udara turut serta dalam ziarah rombongan ini .

Baca juga:  Sosialisasi Penerimaan Prajurit TNI Angkatan Udara

Acara ziarah rombongan diawali dengan upacara dan penghormatan kepada para arwah pahlawan, dilanjutkan dengan mengheningkan cipta dan doa bagi arwah pahlawan, setelah itu peletakan karangan bunga oleh pimpinan ziarah. Kegiatan dilanjutkan dengan tabur bunga oleh pimpinan ziarah yang diikuti oleh peserta ziarah ke makam para pahlawan dan prajurit TNI.

Ziarah dan tabur bunga merupakan salah satu tradisi yang rutin dilaksanakan dalam memperingati hari-hari besar TNI AU maupun TNI, sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan atas jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur. Melalui ziarah, diharapkan para generasi penerus dapat mengenang kembali dan meneladani semangat perjuangan yang telah ditunjukkan para pahlawan. Selain itu diharapkan juga dapat menjadi media untuk memupuk semangat kejuangan prajurit Angkatan Udara

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel