Berita

LANUD REMBIGA MENGGELAR PERESEAN DUKUNG VISIT LOMBOK SUMBAWA 2012

Dibaca: 2 Oleh 29 Jun 2012Tidak ada komentar
M 458 NA B 25 Mitchell Indonesian Airforce 7168661149
#TNIAU 

Dalam rangka turut memajukan pariwisata serta adat dan budaya Nusa Tenggara Barat dan juga mendukung program Visit Lombok Sumbawa 2012. Lanud Rembiga menggelar Perisean, bertempat di Lapangan Lanud Rembiga, (28/6). Perisean (Peresean dalam sebutan orang Lombok) adalah permainan tradisional khas Lombok, Nusa Tenggara Barat yang mempertemukan dua orang lelaki petarung yang masing-masing menggunakan sebilah batang rotan dan sebuah perisai.

Kegiatan yang berlangsung selama 9 hari ini didukung penuh oleh Komandan Lanud Rembiga Letkol Pnb Ridha Hermawan . Permainan ini sudah dimainkan sejak abad ke-13, berawal dari ritual masyarakat agraris Lombok untuk mendatangkan hujan pada musim kemarau. Sementara sebagai kesenian bela diri, Perisean sudah ada sejak zaman kerajaan-kerajaan di Lombok, awalnya adalah semacam latihan pedang dan perisai sebelum berangkat ke medan pertempuran

Pertarungan perisean disakralkan, sehingga perisean tak digelar sembarang waktu. Pada masa sekarang, perisean diadakan menjelang perayaan-perayaan khusus, seperti ulang tahun kemerdekaan (17 Agustus), hari jadi kabupaten/kota, atau menjelang Ramadhan.

Baca juga:  Danpusdiklat Paskhas Tinjau Kesiapan Target Drone Untuk Latihan Angkasa Yudha TA. 2016

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel