TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Lanud RHF Inspeksi Jentik Demam Berdarah di Rumah Prajurit

By 28 Feb 2019 Berita
DSC_1627

TNI AU.  Satuan Kesehatan Lanud Raja Haji Fisabilillah yang bekerja sama dengan Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Kota Tanjungpinang melaksanakan inspeksi ke seluruh rumah Prajurit Lanud Raja Haji Fisabilillah, Kamis (28/2).

Kegiatan ini bertujuan sebagai langkah lanjutan Lanud RHF dalam melawan Wabah Demam Berdarah Dengue (DBD) yang minggu lalu sempat menyerang salah satu anggota keluarga Prajurit Lanud Raja Haji Fisabilillah. Didampingi Kepala Dinas Personel Lanud RHF, Mayor Dimas Soleh Budiharta S.E., Satkes Lanud RHF beserta tim Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang menginspeksi satu per satu rumah prajurit yang berada di Komplek Rajawali dan Komplek Garuda.

Kepala Seksi Survailans dan Imunisasi, DInas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Kota Tanjungpinang, Titi Riauwati, S.Sos., mengatakan bahwa tujuan dari adanya inspeksi ini adalah untuk mengadvokasi masyarakat atau keluarga, suapaya mereka mau dan tahu untuk melaksanakan pemeriksaan jentik setiap seminggu sekali. “Karena Demam Berdarah itu apapun yang kita lakukan tidak akan bermakna tanpa pelaksanaan pemeriksaan jentik di rumah masing-masing, tidak ada jentik, jadi tidak ada nyamuk DBD.” Tegasnya.

Dari 31 rumah yang telah diinspeksi, tim menemukan ada 2 anggota keluarga yang positif jentik, dan langsung dihimbau untuk melakukan pengecekan jentik berkala dan menerapkan 3M (menguras, menutup, dan mengubur barang-barang bekas).“Dari hasil penelitian kami, Angka Bebas Jentik yang kami dapatkan dari komplek ini adalah sekitar 93%, harapan kami, setelah kami berikan informasi dan advokasi, hasilnya meningkat menjadi 100% bebas jentik,” tambah Titi. Titi berharap masyarakat semakin pintar semakin paham tentang pencegahan demam berdarah dengan 3M sehingga angka kasus Demam Berdarah Dengue di Tanjungpinang dapat ditekan.

 

Kirim Komentar/Pertanyaan

Lanud RHF Inspeksi Jentik Demam Berdarah di Rumah Prajurit