Berita

Lanud Roesmin Latihan Penanganan “Force Down”

Dibaca: 7 Oleh 09 Feb 2016Tidak ada komentar
9b842766a265b99c2bf19666b186f743
#TNIAU 

“Telah terjadi penerbangan gelap di radial 360 derajat dengan jarak 120 Nautical Mile (Nm). Panglima Komando Sektor Pertahanan Udara Nasional (Pangkosekhanudnas) III memerintahkan untuk melaksanakan penyergapan”, perintah Pangkosekhanudnas III untuk Lasa X dilaksanakan Force down di Lanud Roesmin Nurjadin, seluruh unsur agar mempersiapkan diri”.

Setelah Lasa X atau pesawat yang tidak dikenal itu berhasil di Force Down oleh pesawat tempur Hawk 100/200 Lanud Rsn, pilot selanjutnya diamankan oleh personel Pomau untuk kemudian dilaksanakan introgasi oleh staf Intelijen dan dilanjutkan dengan proses berikutnya.

Demikian skenario pelaksanaan latihan penanganan Force Down yang dilakukan oleh Lanud Roesmin Nurjadin, baru-baru ini.

Kepala Dinas Operasi (Kadisops) Lanud Rsn Kolonel Pnb M. Yani Amirullah mengatakan bahwa latihan ini bertujuan untuk menyamakan persepsi serta meningkatkan koordinasi dan kerja sama antar seksi dalam penanganan Force Down.

Sementara itu Danlanud Rsn menyampaikan bahwa latihan apapun bentuknya merupakan sebuah hal penting yang harus terus dilakukan oleh setiap prajurit.

“Karena tugas utama prajurit adalah untuk mempertahankan negara, tentunya dengan berlatih, kemampuan para prajurit akan meningkat, yang pada akhirnya akan menjadikan mereka sebagai garda terdepan terbaik dalam menangkal segala hal yang mungkin saja menjadi ancaman bagi kedaulatan negara”, tegas Danlanud.

Baca juga:  Satgas Paskhas Pamrahwan Papua dan Papua Barat

Latihan force down ini sendiri melibatkan seluruh unsur yang ada di Lanud Rsn seperti Skadron Udara 12, Satpomau, Staf Intelijen, hukum, kesehatan, Yonko 462 serta unsur lain yang terkait.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel