Berita

Lanud RSA Ikuti Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Karhutla di Polres Natuna

Dibaca: 3 Oleh 24 Feb 2021Tidak ada komentar
Lanud RSA Ikuti Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan karhutla di Polres Natuna
#TNIAU 

TNI AU. Personel Lanud Raden Sadjad mengikuti apel kesiapsiagaan dalam rangka penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Wilayah Kab. Natuna  tahun 2021, bertempat di lapangan apel Mapolres Natuna, Rabu (24/2/2021). 

Turut hadir pada acara tersebut Komandan Lanud Raden Sadjad (Rsa) Kolonel Pnb Dedy I. S. Salam, S.Sos., diwakili Kadisops Letkol Pom Jimmi W Sidabutar, Danyon Komposit I/Gardapati Natuna Letkol Inf Rahmat S.E., M.Si., Kapolres Natuna AKBP Ike Krisnadian, S.I.K, M.Si.,  Dandim 0318/Natuna Letkol Arm Asep Ridwan S.H.,M.Han, diwakili Pasiops Kapten (Inf) Suryadi, Dansatrad 212 Ranai, Perwakilan Kakansar Natuna, Kejaksaan Negeri Natuna dan Tokoh masyarakat serta  Instansi terkait lainnya. 

Sedangkan peserta apel terdiri gabungan Pom TNI dan Provost, TNI AD, TNI AL, TNI AU, Polres, Satlantas, Satpol PP,  Basarnas dan Babinpotdirga Lanud RSA serta Instansi terkait. 

Dalam Sambutan Bupati Natuna Drs H. Abdul Hamid Rizal M.Si. yang dibacakan Komandan Lanal (Danlanal) Ranai Kolonel Laut (P) M.Dofir selaku pimpinan apel mengatakan kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari hasil pengarahan Presiden RI  Ir. H. Joko Widodo tentang pengendalian kebakaran hutan dan lahan tahun 2021. 

Lebih lanjut Danlanal menyampaikan, kebakaran hutan dan lahan telah mulai terjadi sejak akhir januari meskipun bisa ditangani  untuk selalu meningkatkan kewaspadaan dan pencegahan dini. 

“Meskipun saat ini kita tengah menghadapi pandemic covid-19 dan dibarengi oleh bencana banjir dan tanah longsor di beberapa daerah, namun kewasapadaan kita terhadap ancaman kebakaran hutan dan lahan tidak boleh kendor,” ujarnya. 

Selain itu lanjutnya, untuk memprioritaskan upaya pencegahan dengan melibatkan Babinsa, Babinkamtibmas, Babinpotdirga dan kepala desa dalam pencegahan kebakaran hutan dan lahan. 

“Berikan sosialisasi, edukasi yang berkesinambungan kepada masyarakat, perusahaan, korporasi, terutama diwilayah yang dengan kecenderungan peningkatan hotspot (titik panas), libatkan tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, untuk berperan serta dalam memberikan edukasi kepada masyarakat terkait kebakaran hutan dan lahan yang akan berdampak pada kesehatan dan ekonomi serta kerusakan habitat yang ada di dalamnya,” jelasnya. 

Diakhir sambutan disampaikannya penerapan solusi yang permanen untuk menangani dan mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan yang solutif agar tidak terjadi peristiwa yang serupa dikemudian hari yang dapat merugikan berbagai pihak terutama masyarakat.

 

Lanud RSA Ikuti Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan karhutla di Polres Natuna

Lanud RSA Ikuti Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan karhutla di Polres Natuna

Lanud RSA Ikuti Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan karhutla di Polres Natuna

Lanud RSA Ikuti Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan karhutla di Polres Natuna

 

Baca juga:  Danyonko 461 Paskhas Berikan Reward kepada Prajurit Berprestasi

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel