Berita

Lanud Rsn Menggelar Baksos Kesehatan dan Karya Bakti

Oleh 28 Jul 2019 Juli 29th, 2019 Tidak ada komentar
Lanud Rsn Menggelar Baksos Kesehatan dan Karya Bakti
#TNIAU 

TNI AU. Lanud Roesmin Nurjadin menggelar Baksos Kesehatan dan Karya Bakti dalam rangka Hari Bakti TNI Angkatan Udara ke-72 di Desa Gema, Kecematan Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, Sabtu (27/8).

Danlanud RSN Marsma TNI Ronny Irianto Moningka, S.T., M.M., mengatakan, bahwa kegiatan Baksos Kesehatan dan Karya Bakti yang dilaksanakan ini merupakan  salah satu bagian pembinaan teritorial TNI Angkatan Udara yang bertujuan untuk membangun soliditas dan sinergitas dengan pemerintah daerah dengan semua komponen masyarakat untuk membantu menyelesaikan berbagai persoalan dan kesulitan masyarakat sekelilingnya.

“Bersempena dengan Peringatan Hari Bakti TNI Angkatan Udara, Baksos dan Karya Bakti adalah bagian dari implementasi Lanud RSN untuk menghargai jasa-jasa para Pahlawan yang telah rela berkoban demi bangsa dan negara,kegiatan yang kita lakukan saat ini, belumlah sebanding dengan apa yang  dikorbankan oleh para pahlawan, oleh karena itu seyogyanya sebagai insan TNI AU melalui Baksos dan Karya Bakti kita bangun kebersamaan, jiwa gotong royong, kesadaran, meningkatkan partisipasi dan peran serta TNI AU membantu menyelesaikan pembangunan yang telah diprogramkan oleh pemerintah,” ucap Danlanud.

Danlanud Roesmin Nurjadin  Marsma Ronny menjelaskan,kegiatan Baksos dan Karya Bakti merupakan salah satu bentuk kepedulian dan  perhatian, hal ini adalah bagian tanggung jawab Lanud Roesmin Nurjadin terhadap kondisi kehidupan masyarakat, saya berharap kegiatan ini dapat membantu pemerintah daerah untuk menciptakan masyarakat yang sehat, bersih,rapi dan nyaman, hal ini bermuara untuk kepentingan kita bersama.

“Ada 2 agenda kegiatan secara serentak dilaksanakan, pertama Baksos berupa pengobatan spesialis, pengobatan umum,donor darah, pengobatan gigi, sunatan masal. Sedangkan agenda kedua berupa Karya Bakti berupa pengecatan pasar, rehab toilet, pemasangan papan merek pasar, dan kebersihan pasar,” tambah Danlanud.

Danlanud RSN Marsma TNI Ronny I Moningka menambahkan, kami sebagai Danlanud RSN dan personel Lanud RSN, mengucapkan banyak terimakasih kepada Bapak Plh. Bupati yang telah menfasilitasi tempat ini dalam kegiatan Baksos dan Karya Bakti, dan begitu juga kepada masyarakat disini yang saling bahu membahu dan untuk kesuksesan kegiatan ini.

“TNI dari rakyat,oleh rakyat dan untuk rakyat maka seyogyanya kami senantiasa menjadi contoh dan mempelopori usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya sesuai dengan makna yang terkandung dalam 8 Wajib TNI,” ujar Danlanud RSN.

Selanjutnya ditempat yang sama, Plh.Bupati Kampar Drs.H.Yusri mengatakan, kami berterimakasih kepada Danlanud RSN yang telah menunjuk lokasi desa Gema yang dijadikan kegiatan Baksos dan Karya Bakti, padahal desa Gema adalah daerah yang terisolir dengan jarak tempuh kurang lebih 3 jam perjalanan dari Pekanbaru,namun tidak menyurutkan niat untuk melaksanakan tugas mulia ini, semoga tugas mulia ini, Tuhan saja yang membalasnya dan menjadikan ladang ibadah bagi personel Lanud RSN.

“Dengan adanya kegiatan baksos dan Karya Bakti ini, masyarakat sangat bersyukur sekali, karena bisa berobat secara gratis tanpa dipungut biaya, sehingga masyarakat bisa secara terbuka memeriksakan kesehatanya, disamping itu dengan Karya Bakti yang dilaksanankan di pasar Desa Gemu, sebagai pusat perdagangan dapat menjadi pasar yang rapi,bersih dan indah, karena sudah direhab oleh personel Lanud RSN,” kata Plh Bupati.

Selanjutnya Karumkit dr.Sukirman Mayor dr. Agung Sukamto melaporkan, bahwa pasien yg mengikuti kegiatan Baksos kesehatan dengan jumlah pasien 426 orang dengan rincian sebagai berikit ,102 poli gigi, 89 Umum, 152 Internist , 27 Bedah, 42 THT, 15 Khitanan dan fogging.

“5 penyakit terbanyak hasil dari pemeriksaan tersebut adalah, hipertensi, Ispa, diabetes mellitus, gangren radik (gigi), dan tonsilo faringitis akut (THT),” kata dr. Agung.

Sedangkan Kadisper Letkol Pnb Dedi Suyanto sebagai koordinator kegiatan mengatakan, bahwa disamping ada pengobatan juga akan diserahkan  sembako untuk membantu kesulitan masyarakan,hal ini ada 250 semboka yang diserahkan.

Diakhir Baksos dan Karya Bakti, Danlanud RSN didampingi Plh Drs.H.Yusri,M.Si., Ketua Pia Ardhya Garini Cab.12/D.I Lanud RSN Ny.Irenne Moningka, para pejabat jajaran Lanud RSN dan Pemda Kampar menyerahkan ratusan sembako kepada masyarakat yang membutuhkan.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel