Berita

Lanud Sim Adakan Lomba Aeromodelling dan Workshop

TUMBUHKAN MINAT CINTA DIRGANTARA KEPADA GENERASI MUDA, LANUD SIM ADAKAN LOMBA AEROMODELLING DAN WORKSHOP
#TNIAU 

TNI AU. Tumbuhkan minat cinta dirgantara kepada anak-anak generasi muda, Lanud Sultan Iskandar Muda mengelar acara workshop dan lomba aeromodelling dalam rangka memperingati hari Bhakti TNI AU ke-72 dan HUT RI ke-74 tahun 2019. “Lomba aeromodelling dan workshop ini, sebagai salah satu bentuk pengenalan kemasyarakatan bagaimana permainan aeromodelling,” ucap Kasibinpotdiga Lanud Sultan Iskandar Muda Mayor Tek Martono, saat sebelum pembukaan perlombaan di Gor Praka Sutrisno Lanud Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang, Aceh Besar, Selasa (27/8).

Dalam sambutan Komandan Lanud Sultan Iskandar Muda Kolonel Pnb Hendro Arief H., S.Sos. yang di bacakan oleh Kepala Dinas Operasi (Kadisops) Letkol Pas Catur Yanuar P. saat membuka acara menjelaskan Kegiatan Workshop dan lomba Aeromodelling diikuti oleh 14 tim, total peserta 56 orang terdiri dari 11 Sekolah Menengah Atas SMA/SMK se-Banda Aceh, 2 Universitas Banda Aceh dan Saka Dirgantara Lanud Sultan Iskandar Muda. “Perlombaan ini bukanlah sekedar mencari siapa yang menang dan siapa yang kalah, melainkan bertujuan untuk menggali potensi, kreatifitas dan wawasan generasi muda sekaligus memperkenalkan cabang ordirga fasi yang terdiri dari Terjun Payung, Terbang Layang, Gantole, Para Layang dan Aeromodelling yang sudah di pertandingkan secara Nasional di PON, secara Internasional di Asian games maupun pada ajang Olimpiade,”jelasnya.

Selain menumbuhkan minat cinta dirgantara kepada generasi muda khususnya di wilayah Provinsi Aceh selama acara berlangsung peserta maupun pendukung dapat menjunjung tinggi sportivitas juga kepada panitia supaya bersikap netral, guna memperoleh hasil sesuai seperti yang diharapkan, serta memperoleh bibit-bibit generasi penerus yang profesional memiliki kreatifitas dalam berinovasi di bidang aeromodelling.

Tambah Kadisops kegiatan Aeromodelling ini nantinya juga akan diperlombakan di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON), 2024 yang akan berlangsung di Lhokseumawe mendatang. “Melalui kegiatan perlombaan Aeromodelling dan Workshop yang dilaksanakan di Lanud Sultan Iskandar Muda ini, Aceh khususnya dapat memperoleh generasi muda yang bisa ikut serta menjadi perwakilan PON 2024 nanti,”pungkasnya.

Lanjutnya Pangkalan TNI AU Sultan Iskandar Muda juga membuka peluang bagi siapa yang mau belajar tentang bagaimana cara pembuatan pesawat Aeromodelling dan juga membuka peluang untuk siapa saja yang ingin bergabung di Saka Dirgantara Lanud Sultan Iskandar Muda. Dari pelatihan ini diharapkan nantinya dapat melahirkan para atlet Aeromodelling dari Aceh, dan kita tidak lagi memakai atlet dari luar daerah. Akan tetapi kita memakai atlet putra daerah Aceh sendiri,” tutup Kadisops Letkol Pas Catur Yanuar P.

Untuk di ketahui, hasil pemenang lomba Aeromodelling dan Workshop juara pertama di menangkan  oleh tim ‘A’ SMA Babul Maqfirah Aceh Besar total nilai 13.45, juara kedua di menangkan oleh tim ‘B’ SMA Babul Maqfirah Aceh Besar total nilai 10.46 sedangkan juara ketiga di menangkan oleh tim ‘A’ SMA 1 Banda Aceh  dengan total nilai 10.18 dan pembagian hadiah langsung diserahkan oleh Komandan Lanud Sultan Iskandar Muda Kolonel Pnb Hendro Arief H., S.Sos, sekaligus menutup acara perlombaan.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel