Berita

Lanud SIM dan PT Angkasa Pura II Gelar Latihan Penanggulangan Keadaan Darurat (PKD)

Dibaca: 21 Oleh 25 Nov 2016Tidak ada komentar
Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala
#TNIAU 

Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM), Kamis (25/11). Pihak PT Angkasa Pura II Bandara Internasional SIM, Mengelar latihan (Simulasi) Penangulangan Keadaan Darurat (PKD) di Bandara SIM Blang Bintang Kab. Aceh Besar. Simulasi ini melibatkan 500 Personel yang terdiri dari Prajurit TNI AU Lanud SIM, Polsek Kuta Baro, Polsek Blang Bintang, Basarnas, Koramil, PMI serta Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP).

Skenario Latihan Pesawat Bintang Air dari Jakarta menuju Banda Aceh mengalami patah ban saat Landing,sehingga terbakar dan menimbulkan banyak korban jiwa. Setelah mendengar informasi dari pihak Bandara mengenai terjadinya crash di Runway Bandara SIM, Personil TNI AU Lanud Sultan Iskandar Muda dan Kipan C Yonko 469 Paskhas SIM dengan sigap langsung meluncur ke lokasi begitupun dengan tim pemadaman dan pertolongan dari unit Rescue and Fire Fighting Service (RFFS), Basarnas dan KKP langsung bergerak dengan gesit melakukan operasi pemadaman dan pertolongan kepada para penumpang pesawat dan langsung mengevakuasi para korban ke rumah sakit Zainal Abidin (RSUDZA) terdekat.

Baca juga:  Satgas Pamrahwan Yonko 462 Paskhas Melaksanakan Pencegahan Virus Corona di Bandara Oksibil

Lantihan itu menurut General Manager Bandara Sultan Iskandar Muda Bpk. Surahmat,bertujuan menguji system Penangulangan Keadaan Darurat (airport emergency plan).Lalu menguji kehandalan SDM, peralatan, fungsi komando, komunikasi, dan koordinasi antar unit terkait. Keadaan darurat yang terjadi,penangananya melibatkan Komite Keamanan Penangulangan Darurat Bandara yang telah di bentuk, “Tersang Surahmat.

Komandan Lanud SIM Kolonel Pnb Suliono, S.Sos mendukung penuh kegiatan yang di adakan oleh Pihak PT Angkasa Pura II Bandara Internasional SIM ini dan mengharapkan melalui latihan PKD ini personil di lapangan selalu sigap dan dapat berkordinasi secara cepat jika terjadi keadaan darurat seperti kecelakaan pesawat terbang yang sewaktu-waktu dapat terjadi “ujar komandan”.

 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel