TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Lanud Sim Ikut Serta Pelatihan Potensi SAR Tahun 2018

By 21 Mar 2018Berita
foto_bersama

TNI AU. Sebanyak 30 peserta yang diantaranya personel Lanud Sultan Iskandar Muda mengikuti pelatihan potensi search and rescue di Gedung Potensi Kantor Basarnas Aceh. Senin (19/3). Turut hadir Kadisops Lanud Sultan Iskandar Muda Letkol Pas Khairul Arifin mewakili Danlanud Sultan Iskandar Muda Kolonel Nav Indrastanto Setiawan, S.Sos., Kolonel Inf Saeful dari Kodam Iskandar Muda, Ketua SAR Provinsi Aceh Bapak Saiful Syahputra, Kapten Kpu Wahroni dari Lanal Sabang, Bapak Jufri dari Karantina Kesehatan Banda Aceh, Iptu Mukhlis dari Polairud Aceh, Bapak Dicky dari PT. Angkasa Pura.

perwakilan

Salah satu personel Lanud Sultan Iskandar Muda, Prada Iklil menjadi perwakilan penyematan tanda pelatihan.

Kegiatan yang bertemakan “Melalui Pelatihan Potensi SAR Tahun 2018 Kita Tingkatkan Profesionalitas Dan Sinergitas Dalam Melaksanakan Pencarian Dan Pertolongan Secara Cetap, Tepat, Aman, Terpadu Dan Terkoordinasi”, menurut Kepala Kantor SAR Banda Aceh Hari Adi Purnomo sangat penting untuk dilatihkan secara berjenjang karena setiap personel harus memiliki kemampuan untuk menolong korban, salah satunya di perairan.

Seperti di wilayah Aceh, katanya, kecelakaan sering terjadi di air atau perairan, sehingga setiap potensi SAR harus memiliki kapasitas pertolongan pertama bagi korban. ”Harapan kami, latihan ini menjadikan potensi SAR yang berasal dari seluruh Aceh mampu memberikan pertolongan pertama, sebelum SAR dari Kantor Banda Aceh tiba di lokasi kejadian,” ujarnya sambil menerangkan bahwa di daerah masih kekurangan sumber daya potensi SAR.

Hal ini tidak menyurutkan semangat untuk membina satuan tugas SAR di seluruh Aceh dan tentunya perlu dukungan serta bantuan masyarakat untuk ambil bagian didalamnya. “Setiap informasi mengenai suatu kejadian ataupun peristiwa tentunya berawal dari masyarakat sekitar, sehingga peran serta masyarakat sangat penting untuk memaksimalkan tugas dan peran SAR”, ungkapnya.

 

 

 

pembukaan_pelatihan

Pembukaan pelatihan potensi SAR

 

Lanud Sim Ikut Serta Pelatihan Potensi SAR Tahun 2018