Berita

Lanud SIM Laksanakan Salat Gerhana Matahari Cincin

Dibaca: 9 Oleh 26 Des 2019Tidak ada komentar
Lanud SIM Laksanakan Salat Gerhana Matahari Cincin
#TNIAU 

TNI AU. Seluruh personel Lanud Sultan Iskandar Muda (SIM) yang beragama Islam tepat pukul 12:45 wib, melaksanakan sholat dzuhur berjamaah dilanjutkan dengan sholat khusuf (Sholat Gerhana Matahari) dan mendengarkan tausyiah yang di sampaikan oleh Ustazd Mawardi Subkhi S.Ag. di Mushalla An-Nur Lanud Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang, Aceh Besar. Kamis (26/12/2019).

Lanud SIM Laksanakan Salat Gerhana Matahari CincinKomandan Lanud Sultan Iskandar Muda Kolonel Pnb Hendro Arief H., S.Sos., didamping LO TNI AU Kodam Iskandar Muda Kolonel Tek Chairuman, S.T., M.M., juga turut hadir melaksanakan sholat dzuhur berjamaah dan sholat gerhana matahari. “Semoga dengan fenomena gerhana matahari yang terjadi ini membuat kita agar lebih mawas diri dan intropeksi diri akan kebesaran serta kekuasaan Ilahi. Dapat kita lihat dan saksikan betapa megahnya kekuasaan Allah SWT yang telah memperlihatkan gerhana matahari cincin penuh kepada kita semua. diharapkan dengan kejadian ini, kita bisa lebih membawah diri kita agar lebih dekat kepada sang maha pencipta dengan meningkatakan nilai keimanan dan ketaqwaan kita kepadanya,” jelas Danlanud SIM.

Baca juga:  Ny.Vina Fardinal Support Tim Olah Raga Black Panther

Sebelum sholat, Kasibintal Lanud SIM Lettu Sus Joni Chandra, M.Pd., menyampaikan tentang tata cara niat sholat gerhana matahari beserta bacaan dan do’anya. “Salat gerhana matahari dilakukan dua rakaat dengan 4 kali rukuk yaitu pada rakaat pertama, setelah rukuk dan iktidal membaca Al-Fatihah lagi kemudian rukuk dan iktidal kembali setelah itu sujud sebagaimana biasa. Begitu pula pada rakaat kedua, bacaan Al-Fatihah pada salat gerhana bulan dinyaringkan sedangkan pada gerhana matahari tidak. Dalam membaca surat yang sunnat pada tiap rakaat, disunnatkan membaca yang panjang. Hukum salat gerhana adalah sunnah muakkad berdasarkan hadis Aisyah,” ujarnya.

Lanud SIM Laksanakan Salat Gerhana Matahari CincinFenomena alam ini sebagai bukti nyata Allah SWT telah memperlihatkan kekuasaan Nya kepada kita semua. “Dengan terjadinya Gerhana Matahari cincin, oleh karena itu kita sebagai mahluk ciptaanNya di sunnahkan untuk melaksanakan sholat kusuf sebagai pembuktian kita kepada sangmaha pencipta dengan meningkatkan iman dan ketaqwaan kita. Dengan kejadian ini semoga kita dapat memetik hikmah bahwa melalui sholat kusuf berjamaah yang telah kita laksanakan, dapat dijadikan suatu momentum untuk introspeksi diri, yakni melaksanakan perintah Allah SWT yang sudah disyariatkan kepada Rasulullah SAW untuk sholat gerhana, kemudian bertakbir, dan berdo’a dan semoga kita menjadi hamba yang dimuliakan oleh Allah SWT. Amin Ya Robbal Alamin,” terang Al Ustadz saat tausyiah.

Baca juga:  Menjaga Kebugaran dan Kesiapan Fisik, Personel Lanud Atang Sendjaja Tes Samapta

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel