BeritaBerita UtamaBerita KotamaKoopsau 1

Lanud SIM Mengaplikasi Penerapan UU No 6 Tahun 2020 Dengan Mewajibkan Area Pakai Masker Bagi Masyarakat Blang Bintang

Dibaca: 156 Oleh 13 Okt 2020Tidak ada komentar
Lanud SIM Mengaplikasi Penerapan UU No 6 Tahun 2020 Dengan Mewajibkan Area Pakai Masker Bagi Masyarakat Blang Bintang
#TNIAU 

TNI AU. Dalam rangka penerapan Peraturan daerah (Perda) nomor 6 Tahun 2020 tentang AKB dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 sebagaimana dimaksud pada Pasal 3 Ayat (1), dilaksanakan oleh pemerintah daerah dan pemerintah kabupaten/kota, maka Komandan Lanud Sultan Iskandar Muda Kolonel Pnb Mohamad Satriyo Utomo, S.H., memerintahkan prajuritnya untuk memasang beberapa papan himbauan Area Wajib Pakai Masker di jalan utama sebelum memasuki kawasan Pangkalan TNI AU Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang, Aceh Besar. Selasa (13/10/2020).

Dalam Peraturan Daerah (Perda) Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 yang telah disetujui oleh Mendagri, maka Pelaksanaan Adaptasi Kebiasaan Baru dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 oleh pemerintah kabupaten/kota, sebagaimana dimaksud pada Ayat (2), berpedoman pada peraturan daerah.

“Dalam Perda No 6 Tahun 2020 tersebut diatur mengenai sanksi denda dan pidana kurungan. Dengan adanya sanksi tegas tersebut, ke depan penerapan protokol kesehatan akan bisa dijalankan dengan baik dan lebih disiplin khususnya di kawasan Kesatrian Lanud Sultan Iskandar Muda,” tegas Danlanud.

Baca juga:  Ceramah Binpotdirga di Lanud Jayapura

Peraturan Daerah tentang Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) Pencegahan dan Pengendalian Covid-19. Ini, harus benar-benar ditegakkan dan dilaksanakan, supaya Negara kita dapat segera bebas dari dampak Covid-19. Kalau tidak ada sanksi, masyarakat tidak taat dan disiplin mematuhi protokol kesehatan. Dengan diberikannya sanksi kepada yang melanggar dan tindakan tegas, harapannya kita bersama dapat memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19. “Penerapan sanksi dilaksanakan secara bertingkat. Di awali dengan sanksi teguran, sanksi administrasi, terakhir sanksi pidana. Hal ini agar menimbulkan efek jera bagi masyarakat yang masih melanggar protokol kesehatan Covid-19. “Kita berharap masyarakat dapat memahami dan disiplin dalam memakai masker dan menjaga jarak,” ujarnya.

Untuk diketahui bersama bahwa sanksi yang diberikan bagi masyarakat yang melanggar terhadap pelaksanaan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19, sebagaimana dimaksud pada ayat (1) berupa teguran lisan, teguran tertulis, kerja sosial dengan membersihkan fasilitasi umum, dan/atau denda administratif sebesar Rp. 100.000,-. Sedangkan bagi penanggung jawab kegiatan/usaha berupa teguran lisan, teguran tertulis, penghentian sementara kegiatan, pembubaran kegiatan, pembekuan sementara izin, pencabutan izin dan/atau denda administratif Rp. 500.000,- .

Baca juga:  Danlanud J.B. Soedirman Sambut Kedatangan Kapolda Jateng dalam Kunjungan Kerjanya ke Purbalingga

Dalam kesempatan ini, Danlanud SIM juga mengajak agar masyarakat tidak memikirkan tentang sanksi, namun lebih fokus pada bagaimana membiasakan dan membudayakan diri untuk selalu berprotokol kesehatan Covid-19, yang salah satunya adalah selalu memakai masker dimanapun kita berada.

Lanud SIM Mengaplikasi Penerapan UU No 6 Tahun 2020 Dengan Mewajibkan Area Pakai Masker Bagi Masyarakat Blang BintangLanud SIM Mengaplikasi Penerapan UU No 6 Tahun 2020 Dengan Mewajibkan Area Pakai Masker Bagi Masyarakat Blang Bintang

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel