Berita

Lanud SIM Terlibat dalam Latihan Antar Satuan Jalak Sakti 2020 yang Diselenggarakan Koopsau I

Dibaca: 37 Oleh 08 Sep 2020September 9th, 2020Tidak ada komentar
Lanud SIM Terlibat Dalam Latihan Antar Satuan Jalak Sakti 2020 Yang Di Selenggarakan Oleh Koopsau I
#TNIAU 

TNI AU. Lanud Sultan Iskandar Muda terlibat dalam latihan antar satuan Koopsau I dengan sandi Jalak Sakti tahun 2020,  Selasa (8/9) secara resmi dibuka oleh Pangkoopsau I Marsda TNI Ir. Tri Bowo Budi Santoso, M.M., M.Tr(Han)., lewat pernyataan resminya di ruang Olah Yudha Makoopsau I melalui daring dengan seluruh Lanud di jajaran Koopsau I termasuk Lanud Sultan Iskandar Muda.

Dalam sambutan Pangkoopsau I saat menyaksikan langsung jalannya latihan antar satuan Jalak Sakti 2020 di Lanud Sultan Iskandar Muda (Sim), Blang Bintang, Aceh Besar. Selasa (8/9/2020), mengatakan bahwa latihan ini sangatlah penting bagi kami insan TNI AU untuk melaksanakan, selain meningkatkan profesionalisme dan kesiapan operasional satuan-satuan jajaran Koopsau I, Latihan ini juga dimaksutkan untuk mengetahui sejauh mana efektifitas peran masing-masing satuan operasional di jajaran TNI AU dalam keterpaduan operasi udara.

“Latihan antar satuan Jalak Sakti tahun 2020 ini juga merupakan rangkaian latihan yang dimulai dari Gladi Posko, Tactical Air Manuvering Game (TAMG) dan dilanjutkan Manlap pada hari Senin 7 September 2020 di AWR Siabu Kampar Lanud Roesmin Nurjadin dan pada tanggal 8 September 2020 dilaksanakan di Lanud Sultan Iskandar Muda Aceh,” katanya.

Baca juga:  DENGAN HELLY COLIBRI PANGKOOPSAU I KE SINGKAWANG

Secara umum, latihan ini melibatkan Alutsista yang dimiliki TNI Angkatan Udara diantaranya Pesawat tempur F-16 C/D Fighting Falcon dari Skadron Udara 16 Lanud Roesmin Nurjadin, Pesawat Hawk 100/200 dari Skadron Udara 12, Pesawat C-130 Hercules dari Skadron Udara 31, Pesawat CN 295 dari Skadron Udara 2, Pesawat Nas 332 Super Puma dari Skadron Udara 6, Pesawat EC 725 Caracal dari Skadron Udara 8 Bogor serta melibatkan Unsur Radar, Wing 1 dan Wing 3 Paskhas, Denmatra 1 dan Bataliyon 469 Paskhas. “Ada sebanyak 690 prajurit TNI AU serta berbagai unsur Skadron tempur dari Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Lanud Supadio Pontianak, Lanud Halim Perdanakusuma hingga Atang Sanjaya, Bogor yang terlibat dalam Manlap Jalak Sakti Tahun 2020 ini,” terang Pangkoopsau I Marsda TNI Tri Bowo Budi Santoso.

Wali Nanggroe Aceh Paduka Yang Mulia Tgk. Malik Mahmud Al Haytar mengatakan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) cukup profesional dan selalu siap siaga dalam memberi bantuan dimana ada musibah Hal itu diungkapkan Wali Nanggroe, saat memberikan sambutan pada acara, Latihan Antar Satuan Koopsau I “Jalak Sakti 2020”. Ini dibuktikan dalam penampilan latihan bersama yang ditampilkan pada hari ini dengan sinergitas antar Lembaga kerja.

Baca juga:  Sekkau A-101 Seminar “Pengamanan Obyek Vital”

Mewaliki Rakyat Aceh, Wali Nanggroe Aceh mengapresiasi kegiatan ini dan ini menjadi pelajaran bagi kita serta menjadi kenangan apa yang kita lihat.

“Kita harus siap menghadapi bencana yang tidak kita duga-duga kapan datangnya, baik dari Laut, Udara, Gunung maupun Darat,” ujarnya.

Danlanud Sim Kolonel Pnb Mohamad Satriyo Utomo, S.H., mengatakan juga bahwa selain puncak latihan antar satuan Koopsau I, dalam rundown latihan jalak Sakti 2020 di Lanud Sultan Iskandar Muda juga dilaksanakan karya bakti dan bakti sosial, menyalurkan bantuan berupa sembako yang akan dibagikan kepada masyarakat Aceh di Universitas Venezuela (Poliven), Aceh Besar dan Pemberian Paket APD beserta Dana rehap Masjid Alfurqan, Banda Aceh serta Dana rehap Menasah Gampoeng Bueng Page Aceh Besar.

Turut hadir pada acara Latihan Jalak Sakti 2020 di Lanud Sultan Iskandar Muda Asops Kasau Marsda TNI Henri Alfiandi, Pangkoopsau I Marsda TNI Ir. Tri Bowo Budi Santoso, Dankorpaskhas Marsda TNI Eris Widodo Y, Kapuslaiklambangjaau Marsda TNI Hari Budianto, Kadisopslatau Marsma TNI Kusworo, Kapuspotdirgaau Marsma TNI Basuki Rahmat, Kadispenau Marsma TNI Fajar Adriyanto, Dir PSKBA Ditjen Perlindungan, Sekjen PMI, KA BNPP, KA BNPB cq Deputi Penanganan Darurat, Para Danlanud Tipe A di bawah jajaran Koopsau I, para pejabat terkait Mabesau beserta para pejabat terkait dari Koopsau I.

Baca juga:  Rakorpotdirga 2018 : Wujudkan Sinergi dalam Pembinaan Potensi Dirgantara  

Juga turut hadir Forkopimda Aceh Wali Nanggroe Aceh Paduka Yang Mulia Tgk. Malik Mahmud Al Haytar, Pangdam Iskandar Muda Mayjen TNI Hassanudin, S.I.P., M.M., Irdam Iskandar Muda Brigjen TNI Ahmad Faisal, S.Sos., M.Soc, Sc., Wakapolda Aceh Brigjen Pol Drs. Raden Purwadi, Kadinkes Aceh dr. Hanif, Kakansar Aceh Budiono, Dandim 0101 BS Kolonel Inf Abdul Razak, mewakili Pemerintah Aceh, mewakili Pemerintah Aceh Besar, Kadisdikbud Aceh Besar Dr. Silahuddin, Camat Blang Bintang, Danramil Blang Bintang, Kapolsek Blang Bintang serta para tamu undangan lainnya.

Lanud SIM Terlibat dalam Latihan Antar Satuan Jalak Sakti 2020 yang Diselenggarakan Koopsau I

 

 

 

 

 

Lanud SIM Terlibat dalam Latihan Antar Satuan Jalak Sakti 2020 yang Diselenggarakan Koopsau I

 

 

 

 

 

 

Lanud SIM Terlibat dalam Latihan Antar Satuan Jalak Sakti 2020 yang Diselenggarakan Koopsau I

 

 

 

 

 

 

Lanud SIM Terlibat dalam Latihan Antar Satuan Jalak Sakti 2020 yang Diselenggarakan Koopsau I

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel