Berita

Lanud Sjamsudin Noor Adakan Latihan Defile

Dibaca: 52 Oleh 30 Sep 2010Tidak ada komentar
P-51 Mustang, Perintis Tim Aerobatik TNI Angkatan Udara
#TNIAU 

Dalam rangka menghadapi persiapan Peringatan HUT TNI ke-65 tanggal 5 Oktober mendatang, anggota Bintara dan Tamtama Lanud Sjamsudin Noor Banjarmasin melaksanakan latihan Defile dan Parade di Sepanjang Jalan VIP I Lanud Sam usai apel pagi, Kamis (30/9). Latihan didahului brainstorming mengenai teknis gerakan di tempat dengan senjata dan saat defile/langkah tegap oleh Letda Sus A. Nurwahyudi, Kasubsi Meteo Lanud Sam.  Penjelasan diikuti peragaan prajurit sebagai peraga di depan pasukan. Dengan demikian akan menimbulkan kesamaan persepsi dan gerakan saat latihan seluruh prajurit, selain itu latihan ini bertujuan untuk menyegarkan beberapa keterampilan keprajuritan dalam kegiatan upacara kebesaran dan sebagai upaya pelestarian nilai-nilai disiplin dan loyalitas dalam hubungan kerja yang lebih solid, profesional dan terjalin rasa kebersamaan bagi prajurit TNI.

Peraturan Militer Dasar ( Permildas ) yang sudah menjadi ketentuan wajib bagi setiap prajurit harus terjaga baik. Defile yang merupakan bagian dari Peraturan Baris Berbaris (PBB) ini, memiliki nilai kedisiplinan yang penting guna membentuk seorang prajurit yang disiplin baik dalam keseharian maupun tugas. Salah satunya penguasaan sikap dalam defile yang merupakan suatu wujud latihan fisik, guna menanamkan kebiasaan dalam tata cara kehidupan yang diarahkan kepada terbentuknya suatu perwatakan yang harus sudah dimiliki bagi setiap prajurit TNI maupun PNS TNI.

Baca juga:  Danlanud Husein Sastranegara Lantik 3 Babinsa Angkasa.

Selain itu ajang ini juga merupakan kesempatan untuk meningkatkan dan menunjukkan kualitas atau mutu pembinaan satuan yang dapat dilihat dari cara mereka melakukan Defile seperti kelengkapan personel, kerapihan, kekompakan, keseragaman, kerjasama, intonasi aba-aba oleh tiap Komandan serta semangat dalam melaksanakan gerakan-gerakan tanpa ada kesalahan.

Sementara itu para Perwira dan Bintara Tinggi Serma-Peltu dengan membawa peralatan pedang juga mempersiapkan diri untuk defile melalui latihan di tempat dipandu oleh Lettu Adm Ridwan Fardiansyah, Kasi Binpers Lanud Sam. Dalam latihan tersebut kegiatan diawasi langsung oleh Danlanud Sjamsudin Noor Letkol Pnb Singgih Hadi dan pejabat lainnya. Sekitar dua jam latihan defile berlangsung yang diakhiri dengan peragaan bongkar pasang senjata laras panjang dan pistol.

Menurut Danlanud Sjamsudin Noor latihan parade dan defile dilaksanakan untuk menyegarkan kemampuan setiap prajurit agar senantiasa sigap, kompak dan membanggakan pada penampilan Peringatan HUT TNI ke-65 tanggal 5 Oktober mendatang dan sebagai persiapan apabila suatu saat harus tampil dalam upacara-upacara kebesaran lainnya. Latihan ini dilaksanakan dan dipersiapkan tidak hanya waktu mendekati event HUT TNI saja akan tetapi, latihan ini sudah menjadi agenda Lanud Sam yang biasanya dilaksanakan setiap Hari Senin usai Apel Pagi. “kita harus memberikan penampilan yang terbaik pada event HUT TNI ke-65 mendatang”, tegasnya. Demikian pula kegiatan bongkar pasang senjata yang diperagakan juga bermaksud untuk menyegarkan ingatan setiap prajurit yang harus tahu dan paham mengenai senjata, sebagai  peralatan utama dalam tugas.

Baca juga:  Gabungan Umat Kristiani Lanud Smo Depohar 50 dan GPP4 Peringati Natal Bersama Th 2018

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel