Berita

Lanud Sjamsudin Noor Berhasil Amankan Aset TNI AU Melalui Gelar Latihan Pertahanan Pangkalan

Dibaca: 16 Oleh 18 Jun 2020Tidak ada komentar
Lanud Sjamsudin Noor Berhasil Amankan Aset TNI AU Melalui Gelar Latihan Pertahanan Pangkalan
#TNIAU 

TNI AU. Berdasarkan data intelijen yang berhasil dihimpun bahwa ada sekelompok pemberontak yang akan menguasai dan meyerobot areal lahan milik TNI AU, AWR Dwi Harmono-Maluka Baulin dengan menggeser patok-patok batas tanah aset TNI AU serta mendirikan bangunan di beberapa titik oleh orang-orang yang tanpa koordinasi dengan pihak TNI AU Lanud Sjamsudin Noor. Untuk mencegah terjadinya permasalahan yang semakin melebar yang akan mempersulit dan merugikan baik di pihak TNI AU maupun pihak orang-orang yang berusaha menguasai aset TNI AU Lanud Sjamsudin Noor tersebut, pada Rabu (17/6), dibawah kendali Komandan Lanud Sjamsudin Noor Kolonel Pnb M. Taufiq Arasj, S.Sos., Kadisops Lanud Sjamsudin Noor Mayor Lek Agus Susanto segera memberi perintah kepada seluruh personil Lanud Sjamsudin Noor untuk segera melaksanakan gelar pertahanan pangkalan dan mengatur strategi guna mempertahankan aset tersebut dan bergegas seluruh anggota Lanud Sjamsudin Noor langsung menuju ke areal tersebut untuk segera menyisir patok-patok dan wilayah yang akan di kuasai oleh sekelompok orang-orang tersebut.

Dalam proses penyergapan dan penyisiran para pemberontak diareal tersebut, pergerakan personel Lanud Sam dibagi dalam 2 peleton dengan masing-masing peleton terdiri dari tiga regu dan segera melaksanakan pergerakan untuk siap pada sektor-sektor pertahanan pangkalan. Melihat perkembangan situasi serangan lawan dari darat, terjadilah kontak senjata. Regu-regu yang sudah dibentuk dengan menggunakan pola pertahanan pangkalan yang telah ditentukan untuk mengatasi dan melumpuhkan lawan yang menyerang secara horizontal tersebut, dengan sigap dan tidak menunggu waktu lama, personel Lanud Sam berhasil dapat melumpuhkan para pemberontak dan aset tersebut dapat kembali dikuasai.

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari skenario yang dibuat dalam kegiatan Latihan Hanlan (Pertahanan Pangkalan) yang dilaksanakan oleh seluruh anggota militer Lanud Sjamsudin Noor. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan rutin sekaligus guna mengasah keahlian para masing-masing anggota Lanud Sam dalam melaksanakan Pertahanan Pangkalan baik Pangkalan Udara maupun upaya pertahanan aset.

Kegiatan Hanlan kali ini sengaja memilih tempat di wilayah AWR Dwi Harmono-Maluka Baulin yang seluas 996 Ha dengan tujuan untuk membina, memelihara dan meningkatkan kemampuan personel Lanud Sjamsudin Noor baik perorangan dan beregu serta untuk menumbuhkan rasa kebersamaan dan kekompakan personel Lanud Sjamsudin Noor, sekaligus guna melakukan patroli rutin dan pengamanan aset sehingga dapat mengetahui titik-titik rawan serta batas-batas aset yang dimiliki TNI AU.  Dengan adanya latihan ini, diharapkan kemampuan personel Lanud Sam dalam pelaksanaan pengamanan dan pertahanan pangkalan dapat dilaksanakan dengan baik dan profesional.

Latihan Hanlan kali ini berhasil dilaksanakan dengan lancar dan diakhiri dengan kegiatan menembak laras pendek dan panjang bagi seluruh anggota militer Lanud Sam di Lapangan Tembak AWR Dwi Harmono-Maluka Baulin.

Baca juga:  Danlanud Soewondo Buka Kejuaraan Panahan antar Clup se-Kota Medan

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel