Berita

Lanud Sjamsudin Noor Berikan Wawasan Kebangsaan dan Pengenalan Profesi TNI AU kepada Siswa-Siswi SDS Dhammasoka Banjarmasin

By 08 Apr 2019 April 10th, 2019 No Comments
1
#TNIAU #TNI-AU

TNI AU. Bertempat di SDS Dhammasoka Banjarmasin, Komandan Lanud Sjamsudin Noor Kolonel Pnb Riadi Widyoko yang diwakili oleh Serda Muhammad Armand memberikan materi wawasan kebangsaan dan pengenalan tentang profesi TNI AU kepada siswa-siswi SDS Dhammasoka Banjarmasin guna menumbuhkan Jiwa Nasional dan Pancasila serta wawasan kedirgantaraan pada generasi muda, Senin (8/4).

Materi yang disampaikan seperti pengenalan 4 pilar kebangsaan yang meliputi pengertian Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan luas Peta NKRI selain itu juga diberikan materi kedisiplinan, moral dan etika, sehingga dapat menumbuhkan kedisiplinan, loyalitas, dan Nasionalisme generasi muda khususnya para pelajar sejak dini. Kegiatan ini  dimaksudkan juga untuk  mengenal lebih dekat tentang TNI Angkatan Udara.

Penyampaian materi tersebut tentunya disesuaikan dengan kemampuan daya pikir anak setingkat SD yaitu dengan pola mengajak kembali untuk mengingat nama-nama para Pahlawan Nasional serta Perjuangannya, menyanyikan lagu-lagu Nasional, penanaman nilai-nilai saling menghormati, kesetiakawanan, sopan santun dan giat belajar.

Pada kesempatan tersebut dijelaskan pula informasi sekilas tentang TNI AU baik tentang keberadaan Lanud SAM serta TNI AU secara umum, mulai dari rekrutmen, satuan-satuan yang ada di dalamnya serta tugas dan fungsi TNI AU secara keseluruhan, jenis-jenis pesawat, fasilitas pendukung penerbangan seperti  taxi way, apron, menara PLLU dan  kantor Base Ops.

Anak-anak SDS Dhammasoka sangat antusias  mendengarkan  penjelasan yang disampaikan Serda Muh. Armand tersebut, hal ini bisa dilihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan seperti;  jenis-jenis pesawat yang dimiliki TNI AU  itu ada berapa? Bahan bakar pesawat itu apa?   Dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh anak, semua pertanyaan dijawab dengan baik. Acara juga diselingi dengan pemutaran video sekilas tentang kehidupan Taruna AAU dan kegiatan TNI AU secara keseluruhan.

Dengan kegiatan ini, diharapkan pola pikir dan jiwa Nasionalisme serta semangat juang dapat tertanam kuat di jiwa para pelajar, generasi dengan patriotisme yang tinggi dan cinta tanah air adalah modal membangun bangsa yang kuat dan bermartabat.

Leave a Reply