Berita

Lanud Sjamsudin Noor Dukung Water Boombing di Wilayah Kalselteng

Dibaca: 2 Oleh 24 Okt 2014Tidak ada komentar
Lanud Sjamsudin Noor Dukung Water Boombing di Wilayah Kalselteng
#TNIAU 

Komandan Lanud Sjamsudin Noor Letkol Pnb Esron S.B. Sinaga, S.Sos., M.A. mengikuti acara pembukaan dimulainya pelaksanaan “Water Boombing” atau Pengeboman air dari udara di wilayah Kalimantan Selatan, belum lama ini. Acara pembukaan pelaksanaan water boombing yang dilaksanakan di VIP II Lanud Sjamsudin Noor tersebut dibuka oleh Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalimantan Selatan Drs. H. Sufian. AH., MM., yang dihadiri oleh Wakajati Kalsel, Kabidhumas Polda Kalsel, Karohumas Prov. Kalsel, Menops BPBD Prov Kalsel, para Staf Instansi Pemda maupun Pemko, para pejabat staf kebandarudaraan Syamsudin Noor serta para undangan lainnya dan diliput oleh berbagai media massa Kalsel. 

Kabut asap yang ditimbulkan oleh titik api diberbagai wilayah Provinsi Kalsel telah mengganggu aktifitas penerbangan sehingga terjadi penundaan jadwal penerbangan dan berdampak pula terhadap gangguan kesehatan masyarakat tentunya. Menyikapi hal tersebut BNPB dan unsur FKPD Provinsi Kalsel dan beberapa pihak terkait di Banjarmasin telah berkoordinasi dan melakukan penanganan khusus dengan melaksanakan “Water boombing” atau pengeboman air dari udara pada titik-titik api di wilayah Kalsel. Pengeboman air akan difokuskan pada titik-titik api di sekitar wilayah Bandara Syamsudin Noor dan wilayah Kabupaten Banjar yang paling banyak menyumbangkan asap, yang sebelumnya telah dilakukan survey melalui udara. 

Baca juga:  SELAMAT JALAN PAK ISMONO & SELAMAT DATANG PAK SYAUGI

Komandan Lanud Sjamsudin Noor yang terlibat langsung sebagai pimpinan unsur pendukung water boombing tersebut mengatakan akan mendukung sepenuhnya apa-apa yang diperlukan pada pelaksanaan water boombing dan akan cepat reaksi bertindak demi keberhasilan pelaksanaan water boombing tersebut. Semua unsur pendukung dari Lanud Sjamsudin Noor akan memberikan sumbangsih yang terbaik demi tercapainya tujuan water boombing. Pengeboman air tersebut dengan menggunakan pesawat Helicopter MI-8 dengan nomor register N117 yang di stanbykan di Apron Lanud Sjamsudin Noor. Rencananya kegiatan water boombing tersebut akan dilaksanakan hingga tanggal 31 Oktober 2014 dengan target harapan akan memadamkan titik-titk api seluas 2000 ha di wilayah lingkar utara dan selatan Banjarmasin. 

Adapun sasaran pelaksanaan water boombing di Kalsel tersebut adalah guna memadamkan titik-titik api di wilayah Kalsel dan meminimalisir kabut asap yang ditimbulkan sehingga tercipta kelancaran kegiatan penerbangan. Acara diakhiri dengan peninjauan langsung kesiapan Helikopter MI-8, wawancara dan di8akhiri dengan foto bersama.

Lanud Sjamsudin Noor Dukung Water Boombing di Wilayah Kalselteng

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel