TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Lanud Sjamsudin Noor Gelar Apel Kesiapan dalam Rangka Latihan Pengamanan Pemilu Tahun 2019

By 04 Feb 2019 Berita
DSC_86888

TNI AU.  Komandan Lanud Sjamsudin Noor Kolonel Pnb Riadi Widyoko diwakili Kepala Dinas Personel Lanud Sjamsudin Noor Mayor Adm Hendra Hidayat memimpin pelaksanaan Apel Gelar Kesiapan dalam rangka Latihan Pengamanan Pemilu Legislatif dan Presiden tahun 2019 bertempat di Lapangan Angkasa Lanud Sjamsudin Noor, Senin (4/2). Apel tersebut dihadiri oleh para Kadis, Para perwira, Bintara, Tamtama dan Pegawai Negeri Sipil Lanud SAM serta Para Pelaku Latihan dari personil Lanud SAM.

Dalam amanat Komandan Lanud SAM yang dibacakan oleh Kadispers Lanud SAM dikatakan bahwa Apel kesiapan latihan pengamanan pemilu yang diselenggarakan tersebut mempunyai maksud dan tujuan yaitu untuk mengetahui sekaligus meningkatkan kemampuan dan keterampilan Prajurit Lanud SAM, serta untuk mewujudkan sinergitas antara instansi terkait, dalam melaksanakan tugas perbantuan kepada Pemda maupun Polri dalam menangani kerusuhan sosial yang terjadi, menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari ancaman disintegrasi bangsa dan ancaman lainnya yang dapat mengganggu pelaksanaan Pemilu Legislatif dan Presiden tahun 2019 serta menjaga stabilitas keamanan di wilayah sehingga diharapkan pada Pemilu mendatang dapat berlangsung dengan aman, tertib dan kondusif.

Lebih lanjut dikatakan bahwa pada latihan pengamanan pemilu di Lanud SAM ini akan berlangsung dari tanggal 4 s.d 12 Februari 2019. Serta dalam giat latihan tersebut juga nantinya akan diisi dengan pemberian materi berupa komunikasi sosial, pembinaan ketahanan wilayah, penanggulangan kerusuhan massa, penanganan konflik sosial, pengamanan obyek vital, prosedur pengerahan personel dan informasi serta aplikasi pengawasan Pemilu.

Diakhir amanatnya Danlanud SAM berharap agar para peserta latihan dapat bersungguh-sungguh melaksanakan kegiatan ini, sehingga akan diperoleh gambaran nyata tentang mekanisme perbantuan TNI kepada Polri dan pemerintah daerah dalam mengamankan Pemilu Legislatif dan Pemilihan Presiden 2019 mendatang.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Lanud Sjamsudin Noor Gelar Apel Kesiapan dalam Rangka Latihan Pengamanan Pemilu Tahun 2019