TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Lanud Sjamsudin Noor Gelar Simulasi Pengendalian Massa Jelang Pemilu Tahun 2019

By 12 Feb 2019 Berita
DSC_89922

TNI AU. Pasukan Anti Huru Hara (PHH) Lanud Sjamsudin Noor, melaksanakan latihan Penindakan Huru Hara (Dakhura) di Lanud Sjamsudin Noor, untuk mempersiapkan pemilu, april mendatang. Latihan Pengamanan Pemilu Legislatif dan Presiden tahun 2019 yang dimulai dari 4 hingga 12 Februari di Lanud SAM tersebut diisi dengan latihan pembelajaran materi di dalam ruangan serta praktik di lapangan. Pada Latihan tersebut,  Lanud SAM menggelar simulasi latihan pengendalian massa dimana masyarakat setempat atau sekelompok massa melakukan demonstrasi yang berujung tindakan anarkis pada Pileg dan Pilpres 2019. Latihan taktis pengendalian massa tersebut bertempat di sekitar wilayah Lanud SAM dan Bandara Syamsudin Noor. Senin (11/2).

Pada kesempatan tersebut, Komandan Lanud SAM Kolonel Pnb Riadi Widyoko, yang di wakili Kadispers Lanud SAM Mayor Adm Hendra Hidayat mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan (perintah) pelaksanaan dari pimpinan, sebagaimana diketahui Lanud SAM dibawah komando Koopsau II, dalam rangka mendukung pengamanan Pileg dan Pilpres tahun 2019 mendatang, “intinya pada kegiatan ini kita mencoba menangani hal-hal yang berhubungan dengan pengamanan objekvital nasional seperti yang ada di bandara, TPS (Tempat Pemungutan Suara), dan di lingkungan TNI AU khususnya Lanud SAM,” tuturnya.

Lebih lanjut ditambahkan bahwa latihan taktis ini dilaksanakan sebagai pembulatan latihan parsial dari tahap materi latihan yang telah dilaksanakan sebelumnya seperti Teritorial (Komsos), Latihan Drill Penanggulangan kerusuhan massa, prosedur pengerahan pasukan serta Komando Kendali Komunikasi dan Informasi (K3I), yang bertujuan untuk mengasah Kemampuan prajurit, apabila betul-betul terjadi sesuatu di wilayahnya maka anggota sudah siap untuk melaksanakan tugas pengamanan.

Melalui kegiatan latihan yang telah dilaksanakan ini diharapkan para peserta latihan dapat memperoleh gambaran nyata tentang mekanisme perbantuan TNI kepada Polri dan pemerintah daerah dalam mengamankan Pemilu Legislatif dan Pemilihan Presiden 2019, sehingga dapat menjadi bekal bagi para anggota Lanud SAM dalam mengamankan pemilu tahun ini dan menjadi salah satu acuan pelaksanaan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan saat pileg maupun pilpres 2019 disamping meningkatkan kesiapsiagaan personel melaksanakan tugas serta mengasah kemampuan prajurit Lanud SAM dalam menghadapi massa.

Pos Terkait

Kirim Komentar/Pertanyaan

Lanud Sjamsudin Noor Gelar Simulasi Pengendalian Massa Jelang Pemilu Tahun 2019