Berita

Lanud Sjamsudin Noor Gelar Upacara Hari Lahir Pancasila

Dibaca: 9 Oleh 01 Jun 2019Juni 11th, 2019Tidak ada komentar
DSC_43211
#TNIAU 

TNI AU. Sabtu (1/6), melaksanakan upacara  memperingati hari lahirnya Pancasila. Upacara digelar di Lapangan Angkasa Lanud SAM dengan inspektur upacara (Irup), Komandan Lanud SAM Kolonel Pnb Riadi Widyoko dengan Komandan Upacara Kasi Opslat Disops Lanud SAM Kapten Tek Heru Jatmiko dan diikuti oleh seluruh peserta upacara para Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Lanud SAM.

Dalam sambutan Plt Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Prof. Dr. Hariyono, M.Pd., yang di bacakan oleh Danlanud SAM mengatakan, bahwa Pancasila sebagai Dasar Negara, Ideologi Negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para “pendiri bangsa” merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat bangsa Indonesia. Walaupun kita sebagai bangsa masih belum secara sempurna berhasil merealisasikan nilai-nilai Pancasila, kita akui bahwa eksistensi ke-Indonesiaan baik sebagai bangsa maupun sebagai Negara masih dapat bertahan hingga kini berkat Pancasila. Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan. Keberagaman kondisi geografis, flora, fauna hingga aspek antropologis dan sosiologis masyarakat hanya dapat dirajut dalam bingkai kebangsaan yang inklusif. Proses internalisasi sekaligus pengamalan nilai-nilai Pancasila harus dilakukan dan diperjuangkan secara terus menerus. Pancasila harus tertanam dalam hati yang suci dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Melalui peringatan Hari Kelahiran Pancasila, Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi “Politik Harapan” dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Untuk itu diperlukan kesadaran dan pemahaman Pancasila sebagai instrumen untuk saling menghormati, bekerjasama, gotong royong dalam menyelesaikan permasalahan bangsa, bersatu membangun bangsa untuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan, karena kita Indonesia, kita Pancasila.

Meskipun suasana dalam bulan ramadhan dan cuaca cerah menyengat tubuh, namun tidak membuat peserta upacara loyo. Para personil Lanud SAM tampak bersemangat mengikuti jalannya upacara hingga usai.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel