Berita

Lanud Sjamsudin Noor Latihan Penanggulangan Kondisi Darurat (PKD) Bersama Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin

Lanud Sjamsudin Noor Latihan Penanggulangan Kondisi Darurat (PKD) Bersama Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin
#TNIAU 

TNI AU.  Tim Penanggulangan Kondisi Darurat (PKD) Lanud Sjamsudin Noor dibawah pimpinan  Komandan Lanud Sjamsudin Noor Kolonel Pnb M. Taufiq Arasj, S.Sos., yang diwakili oleh Kadisops Lanud Sjamsudin Noor Mayor Lek Agus Susanto didampingi oleh Dansatpom Lanud Sam, Karumkit Lanud SAM dan Kasiang Lanud SAM melaksanakan simulasi latihan PKD ke-106 yang digelar oleh PT. Angkasa Pura I, bertempat di Bandara Sjamsudin Noor Banjarmasin. Jum’at (31/1/2020).

Latihan tersebut melibatkan 360 personel dari unsur PT. Angkasa Pura I, dari Tim Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran (PKP-PK), Aviation Security (Avsec), Basarnas, Lanud Sjamsudin Noor beserta Rumah Sakit Sjamsudin Noor, Polres dan Polsek Banjarbaru, Denzipur 8, Kantor Kesehatan Pelabuhan, Dinas Komunikasi dan Informasi kota Banjarbaru.

Latihan PKD ini terdiri dari tiga rangkaian kegiatan simulasi, yaitu latihan terkait penanganan ancaman bandara, latihan terkait penanganan kebakaran dan latihan terkait penanganan kecelakaan pesawat udara. Dalam latiha terkait penanganan kebakaran dilakukan simulasi kebakaran yang terjadi pada bus penumpang yang sedang menuju area parking stand, sedangkan untuk simulasi penanganan ancaman bandara kesigapan personel diuji dalam penanganan kondisi darurat seperti ancaman bom atau aksi teror. Pada latihan kecelakaan pesawat udara disimulasikan pesawat Meratus Air jenis Boeing 737-900 ER (PK-MRT) mengalami kegagalan pada saat landing hingga pesawat terhempas keselatan runway Bandara International Syamsudin Noor.

Latihan tersebut merupakan praktek kerjasama antar unsur-unsur yang terkait terhadap penanggulangan kondisi darurat, yang bertujuan untuk menguji fungsi Komando, fungsi koordinasi dan fungsi komunikasi sehingga diharapkan terwujud kesiapan guna menghadapi keadaan darurat di bidang penerbangan. Demikian Komandan Lanud Sjamsudin Noor menjelaskan pada latihan tersebut. Acara latihan berjalan sesuai dengan skenario dan diakhiri dengan evaluasi oleh tim penilai.

 

Baca juga:  TNI Membutuhkan Sarjana Kesehatan

 

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel