Berita

Lanud Sjamsudin Noor Latihan Penanggulangan Kondisi Darurat (PKD) Bersama Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin

Dibaca: 66 Oleh 18 Okt 2017Tidak ada komentar
TNI Angkatan Udara
#TNIAU 

Tim Penanggulangan Kondisi Darurat (PKD) Lanud Sjamsudin Noor yang dipimpin langsung oleh Komandan Lanud Sjamsudin Noor, Letkol Pnb Abbdul Haris, M.MPol., MMOAS., melaksanakan simulasi latihan PKD yang digelar oleh PT. Angkasa Pura I, bertempat di Bandara Sjamsudin Noor Banjarmasin. Kamis(12/10).

Latihan tersebut melibatkan 350 personel dari unsur PT. Angkasa Pura I, dari Tim Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran (PKP-PK), Aviation Security (Avsec), Unit Pemadam Kebakaran kota Banjarbaru, Basarnas, Lanud Sjamsudin Noor beserta Rumah Sakit Sjamsudin Noor, Polres dan Polsek Banjarbaru, Rindam VI/MLW, Kantor Kesehatan Pelabuhan, Dinas Komunikasi dan Informasi kota Banjarbaru.

Simulasi latihan pertama dimulai dari penanggulangan kebakaran yang terjadi akibat pesawat jenis Airbus A320 PK – BDJ dengan nomor penerbangan PR 093 yang lepas dari Bandara Internasional Sultan Hasanudin Makasar menuju Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin mengalami gangguan teknis ketika mendarat. Simulasi ini hanya bagian dari sekenario latihan Penanggulangan Keadaan Darurat (PKD) Dirgantara Raharja ke 93 PT Angkasa Pura 1( Persero) yang dilaksanakan di Bandara Syamsudin Noor. Pada sesi ini melibatkan personel yang terdiri dari personel SAR Banjarmasin, Brigade Pemadam Kebakaran kota Banjarbaru, Tim dari Lanud Sjamsudin Noor, dan dari Polres serta Polsek Banjarbaru, Avsec Bandara Syamsudin Noor yang melaksanakan pertolongan dan evakuasi korban.

Baca juga:  Exit Briefing Danlanud Husein S

Selain penanggulangan kebakaran pesawat juga di laksanakan simulasi penanggulangan huru- hara yang di lakukan oleh setidaknya 100 orang yang mengklaim ketidakpuasan atas hasil rekrutmen pegawai Bandara Syamsudin Noor. Sempat terjadi tindakan anarkis dari pendemo, namun situasi kembali normal dan kondusif yang diatasi oleh Aviaton Security ( Avsec) dengan didukung oleh pengamanan dan proses negosiasi bersama pihak TNI AU Sjamsuddin Noor, dan dari pihak Polri.

Latihan tersebut merupakan praktek kerjasama antar unsur-unsur yang terkait terhadap penanggulangan kondisi darurat tersebut dan merupakan latihan Dirgantara raharja untuk mengevaluasi efektifitas organisasi PKD dan untuk menguji fungsi Komando, fungsi koordinasi dan fungsi komunikasi sehingga diharapkan terwujud kesiapan guna menghadapi keadaan darurat di bidang penerbangan. Demikian Komandan Lanud Sjamsudin Noor menjelaskan pada latihan tersebut. Acara latihan berjalan sesuai dengan skenario dan diakhiri dengan evaluasi oleh tim penilai.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel