Berita

Lanud Sjamsudin Noor Turut Bantu Distribusikan Bantuan Presiden RI Kepada Korban Terdampak Banjir di Beberapa Wilayah Provinsi Kalimantan Selatan Melalui Jalur Udara  

Dibaca: 12 Oleh 25 Jan 2021Tidak ada komentar
Lanud Sjamsudin Noor Turut Bantu Distribusikan Bantuan Presiden RI Kepada Korban Terdampak Banjir di Beberapa Wilayah Provinsi Kalimantan Selatan Melalui Jalur Udara  
#TNIAU 

TNI AU. Satuan Tugas Udara Penanggulangan bencana banjir Kalimantan Selatan yang dipimpin Komandan Lanud Sjamsudin Noor Kolonel Pnb M. Taufiq Arasj S.Sos., memetakan daerah terisolasi terdampak bencana banjir di Provinsi Kalimantan Selatan. Selasa (19/1).

Satu pesawat diterbangkan dari Lanud Sjamsudin Noor melakukan survey pemetaan titik mana saja terdampak hingga tak bisa dilalui jalur darat dan mencari lokasi bisa didarati helikopter, kemudian di saat bersamaan, satu pesawat lagi terbang dari Lanud Sjamsudin Noor membawa dua orang kedokteran TNI Angkatan Darat untuk membantu perkuatan tim medis di Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Dihari yang sama Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor beserta rombongan Forkompimda Kalimantan Selatan terbang menuju kabupaten Hulu Sungai Tengah untuk meninjau sekaligus mendistribusikan paket bantuan dari Presiden RI dengan menggunakan dua helikopter diantaranya dari Basarnas dan BPBD.

Ada empat wilayah daerah yang terdampak banjir yang distribusi bantuan paket sembako dari Presiden RI melalui jalur udara yaitu Kabupaten Tanah Laut 1.000 paket, Kabupaten Barito Kuala 1.000 paket, Kabupaten Hulu Sungai Tengah 1.000 paket dan Kabupaten Balangan 1.000 paket. Satgas Udara menyalurkan bantuan sembako dari Presiden RI Joko Widodo untuk korban banjir di Kalsel.

Untuk kekuatan Satgas Udara sendiri dalam tanggap darurat bencana banjir, ungkap Danlanud, sebanyak 200 personel Lanud Sjamsudin Noor dilibatkan dibantu TNI Angkarat Darat, TNI Angkatan Laut serta Basarnas dan BPBD. Adapun perkuatan udara yang dimiliki berupa empat helikopter, dua  dari BNPB, satu dari Basarnas dan satu dari TNI Angkatan Darat.

Kemudian jumlah logistik yang sudah mengalir dari Jakarta sebanyak 10 sorti penerbangan dibawa melalui pesawat TNI Angkatan Udara, pesawat Boeing 737, pesawat CN-295, pesawat Hercules, pesawat TNI Angkatan Laut serta pesawat Polri. Tercatat kini ada 1.770 koli dengan tonase  43 ribu ton barang bantuan telah mendarat di Lanud Sjamsudin Noor, termasuk personel tambahan dari Marinir, Paskhas maupun Kopaska serta TNI Angkatan Darat berupa perbantuan sarana evakuasi dan transportasi air yaitu perahu karet dan LCR.

Baca juga:  Latihan MOT, Sarana Pertanggungjawaban TNI AU kepada Masyarakat

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel