Berita

Lanud Soewondo Gelar Latpam Pemilu Legislatif dan Presiden 2019

Oleh 04 Feb 2019 Tidak ada komentar
Lanud Soewondo Gelar Latpam Pemilu Legislatif dan Presiden 2019
#TNIAU 

TNI AU. Dalam upaya untuk mengantisipasi terjadinya Kerusuhan dan unjuk rasa anarkis pada Pemilu Legislatif dan Presiden 2019, personel Lanud Soewondo menggelar latihan PHH dalam rangka Latihan Pengamanan Pemilu yang di laksanakan di depan pintu gerbang parpol eks bandara Polonia. Senin (4/1).

“Berdasarkan laporan dari Intel Lanud Soewondo telah berkumpul sekelompok massa di satu titik yang akan melakukan orasi dan unjuk rasa di pintu gerbang Lanud Soewondo dengan membawa poster dan spanduk. Negosiasi yang dilaksanakan dengan pimpinan pengunjuk rasa tidak berhasil, justru membuat pengunjuk rasa semakin beringas dan bertindak anarkis. Pasukan Polisi Militer yang berada dibarisan depan diikuti semprotan air mobil PK yang berupaya mengambil tindakan untuk membubarkan massa juga belum berhasil. Pada situasi tersebut pasukan PHH Lanud Soewondo yang sudah siaga diperintahkan untuk mengambil alih situasi diikuti semprotan air, pada saat bersamaan dua orang pengunjukrasa yang diduga sebagai provokator berhasil diamankan, hingga akhirnya pengunjuk rasa dapat dikendalikan dan suasana kembali aman”. Demikian skenario singkat yang dilaksanakan pada latihan PHH dalam rangka Latpam Pemilu Legislatif dan Presiden 2019 di Lanud Soewondo.

Sebelum pelaksanaan latihan, Komandan Pangkalan TNI AU Soewondo Kolonel Pnb Dirk Poltje Lengkey melalui Kadisops, menekankan kepada seluruh personel yang terlibat latihan PHH dalam rangka Latihan Pengamanan Pemilu Legislatif dan Presiden 2019, agar kegiatan latihan dilaksanakan dengan sungguh-sungguh serta memperhatikan apa yang diberikan oleh pemberi materi, begitupun juga dengan drill taktis dan drill teknis latihan PHH yang dilaksanakan, agar memperhatikan faktor keselamatan, baik personel maupun perlengkapan materiil yang dipergunakan dalam latihan, dengan begitu, kita akan dapat mencapai hasil yang maksimal sesuai dengan sasaran yang diharapkan, kata beliau.

Kadisops Lanud Soewondo Mayor Pom Nicolas Sinaga menyampaikan materi ceramah sebagai bekal pengetahuan kepada personel Lanud Soewondo pada situasi yang genting dan kesiapan personel dalam menghadapi tindakan-tindakan anarkis yang mengancam keamanan Lanud Soewondo dan disekitarnya, serta meningkatkan pemahaman tentang Prosedur dan Mekanisme permintaan dan pemberian bantuan kepada Pemda dan Polri dalam rangka Pengamanan Pemilu Legislatif dan Presiden 2019 diwilayah Medan Sumatera Utara.

Latihan tersebut yang diawasi secara langsung oleh Kasiopslat Mayor Tek Sugeng dan Kasikamhanlan Mayor Kes Agus, bertujuan untuk penyegaran dan mengasah keterampilan para personel untuk meningkatkan kemampuan dan kesiap siagaan personel Lanud Soewondo dalam menghadapi situasi-situasi yang genting.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel