TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Lanud Sri Melaksanakan Pembersihan Apron Bandara dari “KOBA”

By 09 Mar 2018Berita
20180310_085541

TNI AU.   Dalam rangka mendukung keselamatan terbang dan kerja pada latihan bersama “Cope West” Tahun 2018. Pangkalan Udara Sam Ratulangi melaksanakan pembersihan diarea Apron Bandara Sam Ratulangi Manado, Jumat (9/3). Kasi Lambangja Lanud Sam Ratulangi Mayor Tek Riyanto memimpin seluruh anggota Lanud menuju Apron Bandara, untuk melaksanakan pembersihan di area apron dan lingkungan bandara tempat parkir pesawat F-16 TNI AU maupun US PACAF.

Mayor Tek Riyanto menyampaikan bahwa struktur pesawat F-16 yang mempunyai air intake pada bagian bawah sangat rawan terhadap benda – benda asing yang bisa tersedot saat engine pesawat hidup dan melakukan penerbangan. Untuk itu agar tidak terjadi hal hal yang membahayakan dalam pelaksanaan latihan Cope West ini, pelaksaan pembersihan area apron bandara perlu segera di lakukan.

Hal yang sama juga ditegaskan oleh Komandan Lanud Sam Ratulangi Kolonel Nav Insan Nanjaya SH. M.Avn. Mgt yang pernah menjabat sebagai Kalambangja Kodiklatau. Beliau menekankan agar pelaksaan semua kegiatan di Lanud, baik dalam operasi penerbangan maupun dalam pelaksanaan tugas rutin, senantiasa harus selalu mengutamakan keselamatan. Karena bagaimanapun baiknya suatu kegiatan latihan, apabila terjadi suatu incident atau accident, maka itu adalah suatu kegagalan.

Pelaksanaan pembersihan area Bandara dari FOD di mulai pukul 07.30 Wita dan berakhir pukul 09.30 Wita. Kegiatan ini mendapat apresiasi dari para crew pesawat F-16 US AIR FORCE.

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

Lanud Sri Melaksanakan Pembersihan Apron Bandara dari "KOBA"