Berita

Lanud Sulaiman Ikuti HUT ke-75 Kodiklatau Secara Virtual

Dibaca: 14 Oleh 16 Nov 2020Tidak ada komentar
LANUD SULAIMAN IKUTI HUT KODIKLATAU KE-75 SECARA VIRTUAL
#TNIAU 

TNI AU. LANUD SLM. Komandan Lanud Sulaiman Kolonel Pnb Mohammad Nurdin beserta para kepala dinas dan komandan skadik mengikuti secara virtual sambutan peringatan Hari Ulang tahun Kodiklatau ke-75 dari Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Komandan Kodiklatau Marsda TNI Tatang Harlyansyah, S.E., M.M.,. bertempat di ruang rapat Staf I Lanud Sulaiman, Margahayu, Kabupaten Bandung, Senin (16/11/2020).

KSAU dalam sambutan tertulis yang dibacakan Dankodiklatau menyampaikan agar momen peringatan ulang tahun dapat dijadikan sebagai wadah untuk introspeksi dan evaluasi diri, terhadap hakikat keberadaan Kodiklatau dalam mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas TNI Angkatan Udara, dalam mengawal dan menjaga kedaulatan NKRI.

Disampaikan pula bahwa memasuki abad ke-21, TNI AU berupaya untuk menambah kekuatan melalui percepatan pemenuhan kebutuhan alutsista pada rencana belanja strategis 2020-2024. Berbagai peralatan dan persenjataan berteknologi tinggi, seperti:  Multi-role combat aircraft, Pesawat tanker multi guna,  Pesawat heli angkut berat,  Pesawat nirawak,  Pesawat Airborne Early Warning,  Radar GCI dan Radar Pasif, Hingga Rudal Pertahanan Udara jarak menengah dan jarak jauh, akan berdatangan untuk memperkuat persenjataan TNI Angkatan Udara.

Kita juga tengah melaksanakan pembangunan kemampuan tempur terintegrasi dalam bentuk Network Centric Warfare. Hal ini ditujukan untuk meningkatkan inter-operabilitas lintas unsur dan antar berbagai alutsista yang ada.

“Sehingga dapat bekerja sinergi di bawah satu komando kendali yang memiliki situational awareness yang tinggi dalam segala bentuk operasi udara,” jelas Dankodiklatau.

Kasau pun memberikan lima penekanan guna menunjang keberhasilan pelaksanaan tugas Kodiklatau ke depan. Pertama, terus pertahankan pelaksanaan pendidikan dan latihan secara profesional, terukur, dan tepat sasaran, dengan tetap menjunjung tinggi Sapta Marga dan Sumpah Prajurit. Kedua, laksanakan kegiatan pendidikan dengan sasaran pengembangan wawasan, serta pencapaian knowledge, skill, ability, dan attitude yang sesuai dengan pelaksanaan tugas TNI AU. Ketiga, Laksanakan evaluasi dan pengkajian doktrin TNI AU secara terus menerus, ciptakan kesesuaian konsep operasi udara dengan kebutuhan operasi, gelar alutsista yang dimiliki, serta berdasarkan pertimbangan perspektif ancaman. Keempat, tempatkan faktor keselamatan terbang dan kerja sebagai prioritas tertinggi dalam setiap pelaksanaan pendidikan dan latihan. Kelima, laksanakan berbagai upaya peningkatan literasi peserta didik, sebagai modal berharga dalam menumbuhkan kemampuan berpikir kritis.

Dankodiklatau pada kesempatan tersebut menyampaikan penekanan KSAU pada point kedua, kepada para Komandan Satuan di jajaran Kodiklatau agar mengubah visi, sasaran, dan tujuan pendidikan yang dilaksanakan di satuan-masing-masing. Hal tersebut disesuaikan dengan kebutuhan TNI AU pada masa yang akan datang sehingga otomatis kurikulum pun akan berubah termasuk di dalamnya tentang 10 komponen pendidikan. Apalagi  setelah validasi  TNI AU terlaksana. “Oleh karena itu, perubahan tersebut harus disertai blueprint dan setiap pendidikan di jajaran Kodiklatau harus memiliki blueprint sehingga siapapun Komandan Satuannya dapat melanjutkan,” jelas DanKodiklatau.  

Peringatan hari jadi Kodiklatau ke-75 tahun 2020 dilaksanakan secara virtual karena masih dalam masa New Normal pandemi Covid-19, mengusung tema: “Dengan Semangat Vidyasana Viveka Vardhana, Kodiklatau Siap Mewujudkan SDM TNI AU yang Ksatria, Militan, Loyal, dan Profesional Sinergi Membangun Indonesia Maju”.

#Sulaiman beriman (bersih, integritas, nyaman)

 

Baca juga:  Jambore Aero Sport 2020, Kadispotdirga: Kemajuan Olahraga Dirgantara Ditentukan Besarnya Semangat Pengabdian dan Kebersamaan

 

 

 

Bandung, 16 November 2020

a.n. Komandan Lanud Sulaiman

Kapentak,

 

 

 

Roslina Tambunan

Kapten Sus Nrp 517572

 

 

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel