Berita

Lanud Sulaiman Laksanakan latihan Damkar

Dibaca: 2 Oleh 22 Sep 2021Tidak ada komentar
IMG 7519
#TNIAU 

TNI AU. LANUD SLM. Komandan Lanud Sulaiman Kolonel Pnb Mokh. Mukhson, S.E., M.M., melalui Kepala Dinas Operasi Letkol Lek Petrus P.S., memantau pelaksanaan kegiatan latihan pemadaman kebakaran yang melibatkan perwakilan personel Lanud Sulaiman dengan tim pelaksana Lambangja Lanud Sulaiman dan tim Rescue BaseOps Lanud Sulaiman.  Pelaksanaan berlangsung di dua tempat, yaitu di belakang lapangan apel staf 2 dan Rumah Sakit belakang, Lanud Sulaiman, Margahayu, Kabupaten Bandung, Rabu (22/09/2021).

Unsur-unsur bahan bakar, udara atau oksigen, dan panas/percikan api merupakan unsur penyebab kebakaran. Kebakaran dapat dibedakan dalam tiga tingkatan, yaitu kebakaran tingkat awal, tingkat lanjut, dan tingkat gawat. Penyebab kebakaran yang paling mungkin terjadi biasanya akibat dari hubungan pendek arus listrik (short circuit), BBM, rumput/alang-alang, dan kompor.

Demikian penjelasan Ps. Kalambangja Lanud Sulaiman Kapten Lek Didin S., kepada perwakilan personel Lanud Sulaiman yang terlibat. Sebelum praktek alpeka, pada kesempatan tersebut dijelaskan bagaimana cara mengoperasikan alat-alat pemadam kebakaran dan fungsi dari masing-masing alpeka. Mulai dari jenis-jenis peralatan pemadam kebakaran modern berupa pemadam api stored pressure Type BCF, Co2 type YC-50, type Apron NA 6 SP isi 9 dan 6 kg, Foam 2 GL, dan DCP YA 4. Untuk peralatan PK sederhana, diantaranya pasir, ember air, karung goni, sekop, dan gantar pengait.

Sedangkan untuk praktek pemadaman api dilaksanakan di rumah sakit belakang dengan menerjunkan satu unit mobil pemadam kebakaran berikut petugasnya. Dikondisikan tim rescue melaksanakan pemadaman api pada rumah yang terbakar. Pemadaman api tetap memperhatikan arah angin dengan melihat lidah api, membelakangi arah angin menghindar dari sisi lain, dan menyemprotkan air diarahkan pada sumber api.

Komandan Lanud Sulaiman melalui Kadisops menyampaikan bahwa latihan damkar merupakan pelaksanaan progja tahun anggaran 2021. “Selain itu, dimaksudkan untuk menyegarkan kembali para personel Lanud Sulaiman bagaimana mengatasi kebakaran yang bisa saja terjadi, baik di lingkungan kerja maupun di luar lingkungan kerja,” jelas Kadisops yang berharap agar latihan yang dilaksanakan kali ini dapat memberi bekal pengetahuan dan pemahaman kepada personel Lanud Sulaimansebagai upaya pertama safety pada cegah kebakaran.

 #Sulaiman beriman (bersih,integritas,nyaman)

         

Baca juga:  Ukur Kesiapan, Sekkau A-103 Laksanakan Tes Garjas

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel