TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Lanud Sulaiman Peringati Hari Sumpah Pemuda Ke-88

By 28 Oct 2016 09:22Berita
Mustangsatriamandala

Hari ini adalah hari kebangkitan anak muda Indonesia. Dengan kemajuan teknologi, pemuda-pemuda Indonesia dari Sabang sampai Merauke terus bergerak memberikan sumbangsih pemikiran dan gagasannya untuk kesejahteraan dan kebesaran bangsa Indonesia, terutama di mata dunia.

Demikian salah satu bunyi amanat tertulis Menteri Pemuda dan Olah Raga Imam Nahrawi yang dibacakan Wakil Komandan Korpaskhas Marsma TNI T. Seto Purnomo yang bertindak selaku Irup pada upacara peringatan ke-88 Hari Sumpah Pemuda yang dilaksanakan di lapangan apel staf 2 Lanud Sulaiman, Margahayu, Bandung, Jum’at (28/10)

Dalam sambutan yang dibacakan Danlanud, Menpora menyampaikan bahwa untuk mengingat kembali pesan Bung Karno yang mengatakan “Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut Semeru dari akarnya beri aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia” mengandung makna bahwa dengan pemuda yang hebat, kita benar-benar bisa menaklukkan dunia. “Namun, jumlah yang besar saja tidaklah cukup tanpa diimbangi dengan kualitas yang baik. Tugas kita semua untuk menjadikan bonus demografi ini memiliki makna bagi percepatan pembangunan di Indonesia”, kata Irup saat membacakan amanat Menpora.

Menpora dalam sambutan tertulisnya menjelaskan pula bahwa menurut data demografi Indonesia jumlah pemuda di Indonesia sesuai dengan undang-undang no 40 tahun 2009 tentang kepemudaan dengan range usia antara 16-30 tahun, berjumlah 61,8 juta orang, atau 24,5% dari total jumlah penduduk Indonesia yang mencapai 252 juta orang (bps, 2014).

Secara kuantitas angka 24,5% ini cukuplah besar. Ditambah lagi dalam waktu dekat ini mulai tahun 2020 sampai 2035, indonesia akan menikmati suatu era yang langka yang disebut dengan bonus demografi.

Jumlah usia produktif Indonesia diproyeksikan berada pada grafik tertinggi dalam sejarah bangsa ini, yaitu mencapai 64% dari total jumlah penduduk Indonesia sebesar 297 juta jiwa. “ Bonus demografi menjadi windows opportunity (peluang) yang sangat strategis bagi sebuah negara untuk dapat melakukan percepatan pembangunan ekonomi dengan dukungan ketersediaan sumber daya manusia usia produktif dalam jumlah yang cukup signifikan”, kata Irup.

Mari kita buktikan dalam sejarah Indonesia, untuk kesekian kalinya pemuda Indonesia menjadi motor utama penentu perubahan Indonesia. Bonus demografi menjadi kesempatan kita satu-satunya untuk memastikan percepatan pembangunan ekonomi Indonesia menjadi negara maju sejajar dengan negara-negara besar lainnya. “Di depan mata kita ada MEA dan perdagangan bebas Asia dan dunia. Saatnya pemuda Indonesia membangun visi yang besar menatap dunia”, jelasnya.

Upacara peringatan yang dilaksanakan secara khidmat tersebut diikuti para perwira, bintara, tamtama, dan pegawai negeri sipil, para pejabat Makorpaskas, Komandan Lanud Sulaiman Kolonel Pnb Mohammad Syafii, S.I.P.,M.M., para komandan dari satuan samping, diantaranya Dandepohar 40 dan 70 serta Pusdiklat Paskhas.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kodiklatau Korpaskhasau Berita Kotama Koopsau 1 Koopsau 2
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Lanud Sulaiman Peringati Hari Sumpah Pemuda Ke-88