Berita

Lanud Sulaiman Dan Wingdiktekkal Peringati HUT Kodiklatau Ke-74

LANUD SULAIMAN DAN WINGDIKTEKKAL PERINGATI HARI JADI KODIKLATAU KE-74
#TNIAU 

TNI AU. Sungguh tepat rasanya jika momen peringatan hari jadi ini, dapat dimanfaatkan oleh segenap personel Kodiklatau sebagai wahana untuk instrospeksi diri dan melakukan evaluasi terhadap hakikat keberadaan dan pengabdian Kodiklatau.Hal ini hendaknya juga dapat dimanfaatkan oleh Kodiklatau untuk merumuskan langkah dalam menghadapi tantangan dan tuntutan tugas pada masa kini dan masa yang akan datang.

Hal tersebut disampaikan Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E., M.M, dalam amanat tertulis yang dibacakan Komandan Lanud Sulaiman Kolonel Pnb B. Benny K, S.H., MAvMgt,MAIR., Jum’at (15/11), saat bertindak sebagai inspektur upacara pada pelaksanaan upacara peringatan hari jadi Kodikau ke-74 yang digelar secara sederhana dan hidmat di lapangan Apel Staf dua Lanud Sulaiman yang diikuti para peserta upacara baik militer maupun pegawai negeri sipil dari Lanud Sulaiman dan Wingdiktekkal, serta seluruh siswa dari skadik-skadik.

KSAU dalam sambutannya menyampaikan bahwa betapa pentingnya pendidikan bagi kemajuan TNI Angkatan Udara. KSAU menaruh perhatian yang sangat besar dan selalu menempatkan pendidikan sebagai investasi terpenting yang harus kita lakukan. Kita semua harus menyadari, TNI Angkatan Udara tidak akan mampu menjadi profesional jika kita meremehkan sektor pendidikan. Tidak boleh sedikitpun terpikir bahwa pendidikan adalah pelengkap syarat administrasi karir prajurit saja. “Terlebih lagi, jangan ada anggapan bahwa pendidikan dapat berjalan sukses dengan mindset “business-as-usual”,” kata Irup saat membacakan amanat KSAU.

Disampaikan pula bahwa pada tanggal 18 Oktober 2019 silam, pemerintah telah mengeluarkan Peraturan Presiden Nomor 66 tahun 2019 tentang Susunan Organisasi TNI, dimana salah satu poinnya adalah peningkatan status Kodiklatau menjadi salah satu Komando Utama yang akan dipimpin oleh seorang perwira tinggi berpangkat bintang tiga.”Dengan peningkatan status ini, semua satuan dan lembaga pendidikan yang ada di TNI Angkatan Udara, termasuk di dalamnya Seskoau, Akademi Angkatan Udara, Pusdikhanudnas, dan Pusdiklat Korpaskhas, akan berada di bawah pembinaan Kodiklatau,” kata Irup.

Hal ini menunjukkan bahwa peran Kodiklatau ke depan akan menjadi semakin krusial dan semakin strategis dalam upaya meraih competitive advantage bagi TNI Angkatan Udara.Para personel juga harus memahami bahwa peningkatan status Kodiklatau tentunya dilaksanakan setelah melalui pengkajian yang komprehensif dan mendalam. Bersamaan dengan peningkatan ini, tentunya ada tujuan dan harapan untuk dapat diraih oleh Kodiklatau di masa mendatang.  

Dalam amanatnya KSAU memberikan beberapa penekanan untuk menjadi pedoman dalam pelaksanaan tugas Kodiklatau ke depan. Pertama, para personel Kodiklatau harus segera menata ulang mindset tentang tugas dan peran Kodiklatau di masa depan. Saat ini Kodiklatau adalah pusat dari segala pembinaan dan penyelenggaraan pendidikan di lingkungan TNI Angkatan Udara. Tidak Ada satupun pendidikan di lingkup Angkatan Udara kecuali harus melalui lembaga ini.

Konsekuensinya adalah kualitas SDM TNI Angkatan udara ke depan akan sangat ditentukan dengan kualitas pengabdian dari para personel Kodiklatau. Untuk itu, jangan jadikan pengabdian di satuan ini sebagai beban. Namun, jadikanlah tugas ini sebagai sebuah kehormatan, demi tegak dan jayanya TNI Angkatan Udara.

Kedua, pendidikan dan latihan di lingkup militer adalah suatu hal yang sangat kompleks penuh tekanan dan sarat akan berbagai tuntutan yang tidak mudah. Oleh karena itu, tidak ada suatu sistem terbaik dengan konsep one-size-fit-all yang benar-benar mujarab untuk langsung diterapkan pada semua sistem pendidikan di TNI Angkatan Udara.  “Utamakan sikap proaktif dan terus lakukan riset sebagai upaya untuk terus mencari celah dan potensi dalam melakukan perbaikan berkelanjutan jika memang diperlukan, lakukanlah perubahan pada sistem pendidikan yang dilaksanakan,” jelas Irup.

Ketiga, kodiklatau harus mampu menyiapkan sistem pendidikan dan latihan secara tepat guna dan berdaya guna sehingga benar-benar fokus untuk menyiapkan personel, baik militer maupun pegawai negeri sipil agar memiliki knowledge, skill, dan ability yang sesuai dengan kebutuhan TNI Angkatan Udara. Kuncinya adalah kemauan yang kuat, kesungguhan tekad, dan kerja keras dari segenap warga Kodiklatau untuk mengedepankan critical thinking dalam setiap pelaksanaan tugas yang diberikan.

Keempat, bangun sinergi positif dengan berbagai stakeholder dan instansi, baik di dalam maupun di luar TNI Angkatan Udara. Di era keterbukaan seperti sekarang ini, kita tidak bisa berdiri dan berjuang sendiri, Jika ingin maju, kita harus mampu dan harus mau membuka diri, agar dapat dengan cepat beradaptasi dengan segala kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang relevan dengan kebutuhan TNI Angkatan Udara.

Terakhir, KSAU menekankan agar selalu prioritaskan safety. Pendidikan sebaik apapun, tentunya akan ternoda jika sampai terjadi baik incident maupun accident, baik dalam bentuk latihan penerbangan, latihan di lapangan, atau bahkan dalam pembelajaran di kelas. Selalu patuhi aturan dan prosedur yang telah disusun dan lakukan review prosedur sesuai aturan tersebut secara berkala agar selalu sesuai dengan kebutuhan.

Peringatan hari jadi Kodikau ke-74 tahun 2019 mengusung tema ’’Dilandasi Karakter, Inisiatif, Kreatif, Inspiratif, Inovatif, dan Ikhlas, Kodiklatau Siap Mewujudkan Hasil Didik yang Profesional dan Militan dalam Rangka Mendukung Tugas TNI Angkatan Udara.’’   

 

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel