TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Lanud Sultan Hasanuddin Antisipasi Infeksi Virus Zika

By 03 Oct 2016Berita
BAE-IAF_0214

Rumah Sakit dr. Dody Sardjoto Lanud Sultan Hasanuddin,  menerjunkan tim khusus untuk melaksanakan fogging nyamuk Aedesaegypti di sudut-sudut area perkantoran maupun kompleks perumahan Lanud Sultan Hasanuddin. Rabu, (28/9).

Fogging yang sengaja dilaksanakan hingga beberapa hari kedepan ini, dilaksanakan sebagai salah satu upaya untuk mencegah berjangkitnya virus zika maupun penyakit deman berdarah yang disebarkan gigitan nyamuk Aedesaegypti, sehingga diharapkan lingkungan Lanud Sultan Hasanuddin terbebas dari nyamuk tersebut, sehingga diharapkan tidak ada anggota Lanud Sultan Hasanuddin maupun keluarganya yang terjangkit penyakit zika maupun demam berdarah.

Menurut Kepala Rumah Sakit (Karumkit) Lanud Sultan Hasanuddin dr. Dody Sardjoto Letkol Kes dr. Rahmat Zainuddin, Sp.P. mengatakan “Fogging ini pada dasarnya untuk mematikan mata rantai perkembangan nyamuk Aedesaegypti yang cepat berkembang. Selain dengan fogging, diharapkan seluruh warga Lanud Sultan Hasanuddin dapat meningkatkan kepeduliannya dengan melakukan gerakan 3 M yakni Menutup, Menguras, dan Menimbun untuk meminimalisir hidupnya jentik-jentik nyamuk Aedesaegypti”.

“Gejala yang ditimbulkan dari virus zika seperti demam, nyeri sendi, konjungtivitis (mata merah) dan ruam serta jangan sampai terjangkit pada ibu hamil yang menyebabkan mikrosefali (kondisi lingkar kepala lebih kecil dari ukuran normal) dan kerusakan otak pada janin”, tambahnya.

Selain itu ditambahkan bahwa pelaksanaan fogging ini kerjasama Rumkit Lanud Sultan Hasanuddin dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Maros, yang rencananya dilaksanakan selama tiga hari.

Di sela-sela kegiatan, Komandan Lanud Sultan Hasanuddin Marsma TNI Nanang Santoso menyampaikan kepada seluruh anggota Lanud Sultan Hasanuddin untuk selalu waspada dan tetap meningkatkan kebersihan dan kesehatan lingkungan perkantoran maupun pemukiman, guna mengantisipasi sedini mungkin dari peyakit demam berdarah yang ditimbulkan oleh nyamuk Aedesaegypti.

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

Lanud Sultan Hasanuddin Antisipasi Infeksi Virus Zika