Berita

Lanud Sultan Hasanuddin Ikut Memeriahkan Festival Pesona Palu Nomoni 2016

Dibaca: 19 Oleh 29 Sep 2016Tidak ada komentar
emb 314
#TNIAU 

Festival Pesona Palu Nomoni (FPPN) 2016 merupakan festival yang diadakan kota Palu untuk mempromosikan tempat dan keindahan wisata Sulawesi Tengah serta sebagai upaya meningkatkan kunjungan wisatawan baik nusantara maupun mancanegara. FPPN ini dilaksanakan selama tiga hari sejak tanggal 24 sampai 26 September 2016.

Festival yang dibuka Menteri Pariwisata Arief Yahya ini menampilkan sepuluh ritual balia khas Tanah Kaili. Ritual yang terdiri Ritual Pompoura (Tala Bala’a) dari Kelurahan Balaroa, Ritual Adat Enje Da’a dari kelurahan Donggala Kodi, Ritual Tampilangi Ulujadi dari Kelurahan Kabonena, Pompoura Vunja dari Kelurahan Petobo, Ritual Manuru Viata Kelurahan Tipo, Ritual Adat Jinja Kelurahan Lasoani, Balia Topoledo Kelurahan Taipa dan Vunja Ntana Kelurahan Tanamodindi sebagai kekayaan budaya nasional di tanah Kaili guna meningkatkan kunjungan wisatawan.

Kegiatan festival ini sering diselenggarakan di Palu hanya sebelumnya bernama Festival Teluk Palu dan sekarang Festival Pesona Palu Nomoni. Dimana Nomoni berarti berbunyi, jadi arti keseluruhan gamakan sedikit Palu maka iini akan berbunyi.

Baca juga:  Siaran Langsung Dialog RRI Ranai Dalam Rangka Hari Pahlawan

Komandan Lanud Sultan Hasanuddin Marsma TNI Nanang Santoso juga menghadiri kegiatan FPPN ini dan cukup terpesona dengan gelaran festival tersebut, sekaligus melihat secara langsung dari dekat Detasemen Mutiara Palu yang merupakan wilayah tanggung jawab Lanud Sultan Hasanuddin.

“Penyelenggaraan kegiatan ini merupakan sarana untuk melestarikan dan mengembangkan budaya masyarakat serta meningkatkan kunjungan wisatawan serta menggerakkan pertumbuhan perekonomian masyarakatnya”, tegas Danlanud Sultan Hasanuddin.

Festival Pesona Palu Nomoni 2016 lebih meriah lagi ketika Paskhas TNI AU pada Minggu 22 September menerjunkan puluhan pasukannya tepat di atas kota Palu, serta raungan pesawat tempur Sukhoi 27/30 ini beberapa kali bermanuver melintas tepat di atas kantor Walikota Palu, disaksikan para pejabat, tokoh masyarakat, serta para hadirin dan pengunjung yang secara spontan terkejut dan terpukau melihatnya.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel