TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Lanud Sultan Hasanuddin Jadi Pangkalan Aju PPRC TNI 2018

HND_2273

TNI AU. Lanud Sultan Hasanuddin terlibat dalam Latihan Pasukan Pemukul Reaksi Cepat (PPRC) TNI 2018 dengan sasaran pulau Morotai di Maluku Utara, Timika di Papua Barat dan pulau Selaru di Maluku Tenggara Barat sejak tanggal 8 sampai 13 Mei 2018.

Pasukan gabungan Tentara Nasional Indonesia mendapat perintah dari Panglima TNI untuk menjaga kedaulatan NKRI baik dalam menangkal terorisme yang terjadi maupun pengamanan perbatasan di wilayah Maluku dan wilayah Papua. Penangkalan terorisme merupakan bagian dari tugas PPRC, baik terorisme domestik maupun internasional serta menjaga wilayah perbatasan. Tugas PPRC yang dibatasi waktu paling lama tujuh hari berada di wilayah yang  terancam guna menghadapi musuh. Pasukan PPRC harus dari unsur lintas udara (Linud) maupun unsur Marinir, dan Paskhas yang mempunyai kesiapan untuk digerakkan.

Di sela kegiatannya, Komandan Lanud Sultan Hasanuddin Marsma TNI Bowo Budiarto, S.E menegaskan bahwa Lanud Sultan Hasanuddin siap menjadi pangkalan aju latihan PPRC tahun 2018. Lanud Sultan Hasanuddin sebagai pangkalan aju belasan pesawat angkut berat dari Skadron Udara 31 dan Skadron Udara 32 beserta pasukan PPRC yang terlibat. Pesawat-pesawat tersebut terlibat dalam mendukung jalannya berbagai macam operasi udara bagi pasukan kawan seperti berbagai macam penerjungan udara, pasukan Paskhas dalam Operasi Perebutan dan Pengoperasian Pangkalan Udara (OP3U), Dalpur, Kelompok Depan Operasi Linud (KDOL), penerjunan pasukan Marinir dan penerjunan pasukan Linud TNI AD, personel Perbekalan Udara maupun operasi dukungan udara lainnya.

Latihan PPRC dilaksanakan bertujuan untuk menguji kesiapsiagaan operasional satuan yang setiap saat siap melaksanakan tugas operasi serta bukan hanya mengecek dan melatih kesiapan personel akan tetapi secara integrated dicek mulai dari uji strategi, uji doktrin, uji sistem, uji alutsista sekaligus uji personel dan yang tak kalah penting karena ini latihan, safety baik alutsista maupun personel menjadi prioritas.

Dalam latihan PPRC ini dipimpin langsung Panglima Divisi 2/Kostrad Brigjen TNI Marga Taufik, SH.,MH. selaku Komandan PPRC TNI dan Komandan Lanud Abdulrahman Saleh Marsma TNI Andi Wijaya selaku Wakil Komandan PPRC TNI.

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

Lanud Sultan Hasanuddin Jadi Pangkalan Aju PPRC TNI 2018