TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Lanud Sultan Hasanuddin Laksanakan Latihan Survival Dasar

By 17 Apr 2015 14:18Berita
bb1819e6770d6f537c1e5cf8e1345fd2

Latihan survival dasar yang diselenggarakan setiap tahun merupakan bagian dari upaya pembinaan sumber daya manusia khusunya awak pesawat menuju profesionalisme dalam menghadapi situasi darurat dan merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki dan melekat dalam setiap diri prajurit TNI AU yang sedang melaksanakan tugas operasi. Demikian sambutan Komandan Lanud Sultan Hasanuddin Marsma TNI Tamsil G. Malik pada upacara pembukaan Latihan Survival Dasar Tahun Anggaran 2015 di Hanggar Skadron Udara 5 Lanud Sultan Hasanuddin, Kamis siang (16/4). 

“Laksanakan kegiatan latihan Survival Dasar dengan sungguh-sungguh tanpa mengabaikan faktor keamanan dan keselamatan, taati aturan dan sesuaikan pelaksanaan kegiatan dengan rencana yang telah dibuat, laksanakan Kodal latihan dengan tepat serta laporkan setiap perkembangan pelaksanaan latihan kepada pimpinan latihan, sehingga setiap permasalahan yang muncul di lapangan dapat dengan cepat diatasi”, penekanan Komadan. 

“Keberhasilan latihan ini tentunya sangat ditentukan oleh kecermatan dalam perencanaan, keseriusan dalam melaksanakan kegiatan, serta perlunya kejelian pengawasan dan evaluasi pada setiap perkembangan yang terjadi di lapangan”, tambahnya. 

Adapun tujuan pelaksanaan Latihan Survival Dasar ini adalah sebagai sarana pembinaan awak pesawat, juga termasuk didalamnya memberikan pemahaman tentang pelaksanaan survival, baik di darat maupun perairan jika pesawat mengalami crash landing khususnya di daerah operasi. 

Komandan juga menambahkan bahwa latihan survival dikhususkan untuk para awak pesawat dengan tujuan agar dapat mempertahankan hidup hingga adanya pertolongan lebih lanjut. Selain itu juga dikatakan, para peserta latihan agar tetap menjaga kelestarian lingkungan yang digunakan dalam latihan. 

Kegiatan Latihan Survival Dasar Tahun 2015 dilaksanakan selama tiga hari, mulai 17 s.d. 19 April 2015, diikuti 67 orang pelaku personel Lanud Sultan Hasanuddin, terdiri dari awak pesawat Skadron Udara 5, Skadron Udara 11, Skadron Teknik 044, Staf Lanud Sultan Hasanuddin, Wara dan 15 orang Pelatih dari Batalyon 466 Paskhas. 

Latihan survival dasar ini merupakan aplikasi dari Rencana Program Kerja Lanud Sultan Hasanuddin Tahun 2015 dan Rencana Program Kerja Wing 5 Lanud Sultan Hasanuddin Tahun 2015, sebagai pangkalan operasi yang selalu siap melaksanakan tugas dalam mendukung operasi penerbangan. 

Kegiatan Latihan Survival Dasar dilaksanakan dalam dua tahap yaitu kegiatan bina kelas tentang teori Dasar Survival dilaksanakan di Batalyon 466 Paskhas, kegiatan Jungle dan Sea Survival dilaksanakan di daerah AWR dan pantai desa Punaga Kabupaten Takalar Sulawesi Selatan.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Koopsau 1 Kodiklatau Korpaskhasau Berita Kotama Koopsau 2
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Lanud Sultan Hasanuddin Laksanakan Latihan Survival Dasar