Berita

Lanud Sultan Hasanuddin Selenggarakan Pelatihan CRM

Dibaca: 3 Oleh 14 Mei 2010Tidak ada komentar
IndonesianAF 1
#TNIAU 

Komandan Wing 5 Kolonel Pnb Arif Mustofa mewakili Komandan Lanud Sultan Hasanuddin Marsekal Pertama TNI Putu Dunia, Senin (18/5) di Gedung Galaktika Lanud Sultan Hasanuddin membuka pelatihan CRM (Crew Resources Management) yang diikuti oleh 20 personel dari Lanud Sultan Hasanuddin Makassar, Lanud Iswahyudi Madiun dan Lanud Abdulrachman Saleh Malang.

 

Komandan Lanud Sultan Hasanuddin dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kolonel Pnb Arif Mustofa mengatakan pelatihan CRM adalah program TNI Angkatan Udara yang diselenggarakan secara berlanjut dan merupakan bagian dari upaya pembinaan sumber daya manusia menuju sumber daya manusia yang profesional.

 

Melalui pelatihan ini, lanjut Komandan, para awak pesawat TNI AU diberi pembekalan dalam bidang pengetahuan, keterampilan serta sikap dan perilaku, agar dapat melaksanakan misi penerbangan sesuai dengan fungsi, peran dan tugasnya.

 

Selanjutnya Komandan mengatakan, dengan pelatihan CRM diharapkan akan terbentuk postur Air Crew atau sumber daya manusia TNI AU yang handal dan tanggap dalam pelaksanaan tugas, sebab tujuan yang hendak dicapai dari pelatihan ini adalah terbentuknya penerbang dan awak pesawat lainnya yang memiliki pengetahuan tentang kepemimpinan dan pengelolaan manajemen dalam penerbangan agar tugas dapat terselenggara secara aman.

Baca juga:  IJAB KABUL ZAKAT FITRAH DI LANUD ABD SALEH

 

Dikatakan, Air Crew memiliki keterampilan dalam koordinasi , kerja tim serta pengambilan keputusan secara cepat dan tepat menghadapi perubahan situasi selama melaksanakan misi penerbangan. Secara individual kemampuan/kualifikasi Air Crew dalam cockpit tidak disangsikan lagi, kualifikasi teknis penerbangan dan awak pesawat lainnya merupakan syarat mutlak untuk tercapainya penerbangan yang aman.

 

Namun kemampuan Air Crew, kata Komandan, sebagai satu tim untuk melaksanakan koordinasi antar crew (crew coordination) yang mencakup efektifitas cara pendekatan, sikap dan komunikasi antar awak pesawat perlu terus dilatih dan dibina. ”Sebab koordinasi antar crew merupakan ketrampilan yang perlu dipelajarai dan dilatihkan, sehingga terwujud teamwork yang tangguh” tegas Marsma TNI IB.Putu Dunia.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel