Berita

Lanud Sultan Hasanuddin Targetkan 4330 Lubang Biopori

Dibaca: 9 Oleh 15 Sep 2014Tidak ada komentar
Sukhoi Su-27
#TNIAU 

Memperingati Hari Ulang Tahun ke-69 TNI Tahun 2014, satuan dan staf yang berada di jajaran Lanud Sultan Hasanuddin diantaranya Wing 5, Wing II Paskhas, Skadron Udara 11, Skadron Udara 5, Skadron Teknik 044, Batalyon Komando 466 Paskhas, Denhanud 472 Paskhas, Satpomau, Rumkit dr. Dody Sarjoto, mulai minggu kedua bulan Agustus sampai dengan Minggu keempat bulan September 2014, melaksanakan kegiatan pembuatan lubang resapan biopori dengan target sebanyak 4330 lubang. 

Lubang resapan biopori merupakan teknologi tepat guna dan ramah lingkungan untuk mengatasi banjir dengan cara meningkatkan daya resapan air, mengubah sampah organik menjadi kompos dan mengurangi emisi gas rumah kaca, memanfaatkan peran aktifitas fauna tanah dan akar tanaman, serta mengatasi masalah yang ditimbulkan oleh genangan air seperti penyakit demam berdarah dan malaria. Begitu pentingnya manfaat lubang biopori, Panglima TNI melalui surat telegram Pangkoopsau II serta surat edaran Komandan Lanud Sultan Hasanuddin, memerintahkan seluruh jajarannya untuk membuat lubang resapan biopori tersebut, dan tidak hanya dilingkungan area perkantoran dan mess saja, namun juga dilaksanakan di lingkungan komplek perumahan khususnya di Lanud Sultan Hasanuddin. 

Baca juga:  Tournament Volley Ball Bhakti TNI AU

Lubang resapan biopori berbentuk lubang silindris di tanah dengan diameter 10-15 Cm (4-5 Inchi) dengan kedalaman sekitar 100 cm sampai dengan 120 cm, mulut pangkal lubang dikelilingi adukan pasir dan semen, agar tanah tidak jatuh ke lubang atau longsor. Komandan Lanud Sultan Hasanuddin Marsma TNI Dody Trisunu berharap, dengan hadirnya lubang resapan biopori diharapkan dapat dicegah adanya genangan air, sehingga berbagai masalah yang diakibatkannya seperti mewabahnya malaria, demam berdarah dan penyakit kaki gajah dapat dihindari, serta lingkungan sekitar pangkalan tetap lestari.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel