Berita

Lanud Sultan Iskandar Muda Gelar Latihan Pertahanan Pangkalan (Hanlan)

LANUD SULTAN ISKANDAR MUDA GELAR LATIHAN PERTAHANAN PANGKALAN (HANLAN)
#TNIAU 

TNI AU. Lanud Sultan Iskandar Muda sebagai salah satu pangkalan di bawah koopsau I, melaksanakan latihan pertahanan pangkalan yaitu droping pasukan, patroli dan tehnik tempur dasar, mengantisipasi berbagai bentuk ancaman yang sewaktu-waktu dapat terjadi di wilayah Lanud Sultan Iskandar Muda dan sekitarnya, kegiatan ini melibatkan  seluruh prajurit Lanud Sultan Iskandar Muda, Kamis (29/8).

LANUD SULTAN ISKANDAR MUDA GELAR LATIHAN PERTAHANAN PANGKALAN (HANLAN)Sebelum Latihan Pertahanan Pangkalan, Kepala Dinas Operasi (Kadisops) Letkol Pas Catur Yanuar P. Dalam arahanya, latihan hanlan selain untuk mengantisipasi berbagai bentuk ancaman yang sewaktu –waktu bisa terjadi oleh orang ataupun kelompok yang tidak bertanggung jawab, juga untuk melatih kesiap siagaan prajurit lanud Sultan Iskandar Muda,” Sebagai seorang prajurit TNI latihan-latihan seperti ini adalah sangat penting dilaksanakan, memberikan penyegaran kembali terhadap tugas pokok dan fungsi masing-masing satuan, terutama jika terjadi hal-hal yang mengancam keamanan di wilayah lanud dan sekitarnya, karena itu pahami apa yang di arahkan dan laksanakan sesuai prosedur yang dibuat”,tegasnya. sasaranya adalah tercapainya kemampuan perorangan dan kelompok dalam menjaga keamanan dan pertahanan Lanud Sultan Iskandar Muda.

Selanjutnya dilakukakan pengorganisasian latihan, dimulai dari penunjukan danki, danton dan danru kemudian organisasi pendudukan pasukan, dengan strategi dan kesiapan yang telah dipersiapkan segera dibentuk pasukan hanlan menjadi 3 regu dengan peralatan dan persenjataan yang lengkap untuk melaksanakan patroli, dalam hal ini pelaksanaan patroli pengamanan aset di Lap Tembak Ampe Awe Lanud Sultan Iskandar Muda. langkah selanjutnya adalah pergeseran pasukan, Patroli dimulai masuk dan menyisir menuju titik sasaran yang berjarak kurang lebih 6 Km. ketika pasukan mulai masuk ke titik sasaran tiba-tiba dihadang  tembakan, oleh sekelompok orang bersenjata yang diperkirakan satu regu, yang sudah menduduki dan menguasai aset Lanud SIM lapangan tembak Ampe Awe, terjadilah baku tembak, dengan tehnik tempur dasar yang sudah di latihkan akhirnya sekelompok orang tersebut berhasil di lumpuhkan, demikian kegiatan tersebut adalah skenario latihan hanlan yang dilaksanakan seluruh prajurit Lanud Sultan Iskandar Muda.

LANUD SULTAN ISKANDAR MUDA GELAR LATIHAN PERTAHANAN PANGKALAN (HANLAN)

Personel Lanud Sultan Iskandar Muda Melaksanaan Pertahanan Pangkalan (Hanlan).

Pada kesempatan ini Danlanud Sultan Iskandar Muda Kolonel Pnb Hendro Arief H., S.Sos mengungkapkan rasa bangganya terhadap seluruh prajurit Lanud SIM yang telah melaksanakan latihan hanlan dengan sungguh-sungguh dan penuh semangat serta melaksanakan setiap prosedur latihan dengan baik. Hal ini untuk menguji sejauh mana kemampuan dan kesiapan prajurit Lanud Sultan Iskandar Muda dalam menghadapi segala bentuk ancaman, gangguan dan kejahatan di wilayah Lanud SIM dan sekitarnya.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel