Berita

Lanud Sultan Iskandar Muda Ziarah Ke Makam Pahlawan

By 08 Apr 2019 April 11th, 2019 No Comments
letak_karangan_bunga
#TNIAU #TNI-AU

tabur_bunga_di_TMP_PeunitiTNI AU. Dalam rangkaian HUT TNI Angkatan Udara Ke-73, Danlanud Sultan Iskandar Muda Kolonel Pnb Hendro Arief H., S.Sos., berziarah ke Taman Makam Pahlawan Kampung Ateuk Pahlawan, Peuniti, Banda Aceh. Senin (8/4), dimana sebelum memasuki kawasan makam pahlawan tertulis puisi karya Chairil Anwar yaitu “Kami bicara padamu dalam hening di malam sepi, jika dada rasa hampa dan jam dinding yang berdetak, kami mati muda yang tinggal tulang diliputi debu. Kenang-kenanglah kami.”

Makna kutipan puisi itu, sebagai ajaran bagi generasi muda untuk mengingat, mengenang dan meneladani jasa para pahlawan yang rela memberikan jiwa, raga, waktu dan tenaga untuk kemerdekaan Indonesia. “Jiwa pahlawan adalah jiwa seorang ksatria, maka kita harus mampu meniru dan meneruskan cita-cita pahlawan yang telah menggapai kemerdekaan bagi kita, generasi muda,” ujar Danlanud Sultan Iskandar Muda ketika menaburkan bunga di atas salah satu makam.

Sebagai bentuk pengabdian generasi muda kepada bangsa dan Negara, salah satunya melalui TNI Angkatan Udara, lanjutnya, dengan memberikan yang terbaik sesuai tugas tanggung jawab guna menjaga keutuhan NKRI. Sebagai pimpinan ziarah, Danlanud Sultan Iskandar Muda memimpin penghormatan kepada arwah para pahlawan dilanjutkan peletakan karangan bunga sebagai bentuk penghargaan atas jasa-jasa pahlawan dan tabur bunga di tiap makam para pahlawan. “Ini bentuk penghargaan dan penghormatan bagi pendahulu kita yang telah memberikan yang terbaik bagi NKRI,” katanya seraya mengajak Kabidops Dishub Aceh Besar Bapak Ahmad Fauzie dan Ibu Emilia selaku perwakilan dari Perhimpunan Putra Putri Angkatan Udara (P3AU) menaburkan bunga.

tabur_bunga_di_makam_maimun_salehTidak lama berselang, ziarah rombongan dilanjutkan ke Makam Sersan Mayor Penerbang Udara Maimun Saleh di Aneuk Galong, Aceh Besar dimana turut hadir Ketua PIA AG Cab. 20/D.I Lanud Sultan Iskandar Muda Ny. Rini Hendro Arief, Kadisdikbud Kabupaten Aceh Besar Dr. Silahuddin, M.Ag., Danlanud Maimun Saleh Letkol Pnb Yudha Irawan, Ketua PIA AG Cab. 16/D.I Lanud Maimun Saleh Ny. Trisa Yudha Irawan, Dansatrad 233 Sabang Mayor Lek Firmansyah, Ketua IKKT Pragati Wira Anggini Ranting 003 Satrad 233 Sabang Ny. Ellysa Firmansyah, Dankipan C Yonko 469 Paskhas Kapten Pas Gerry Kurniawan, Ketua PIA AG Anak Ranting 002-03-4/G.IV Ny. Yulita Gerry Kurniawan, P3AU dan Saka Dirgantara Lanud Sultan Iskandar Muda.

Saat berziarah, Danlanud Sultan Iskandar Muda mengatakan bahwa makam dan rumah Sersan Mayor Penerbang Udara Maimun Saleh merupakan peninggalan sejarah yang harus dijaga, dirawat kelestariannya agar anak cucu kelak mengetahui salah satu Pahlawan TNI Angkatan Udara berasal dari Aceh. “Namanya pun sudah menjadi salah satu nama Pangkalan TNI Angkatan Udara yang terletak di Kota Sabang, kiranya dengan ziarah rombongan ini menjadi awal yang baik antara TNI Angkatan Udara dengan Pemerintah Kabupaten Aceh Besar untuk bersama-sama melestarikan salah satu cagar budaya ini,” katanya.

Senada dengannya, Kadisdibud Kabupaten Aceh Besar mengapresiasi gagasan Danlanud Sultan Iskandar Muda karena Makam Sersan Mayor Penerbang Udara Maimun Saleh sudah termasuk cagar budaya kabupaten Aceh Besar. “Saling bersinergi merawat cagar budaya merupakan yang baik untuk melestarikan sejarah dan dapat menjadi tempat kunjungan para pelajar maupun wisatawan guna mengenal salah satu penerbang TNI Angkatan Udara yang merupakan putra daerah Aceh,” katanya.

Leave a Reply