Berita

Lanud Supadio Gelar Latihan Penanggulangan Kebakaran

Lanud Supadio Gelar Latihan Penanggulangan Kebakaran
#TNIAU 

TNI AU. Pangkalan TNI AU (Lanud) Supadio menggelar Latihan Penanggulangan Kebakaran, Jum’at (1/3). Dalam simulasi ini diasumsikan terjadi kebakaran di salah satu ruang kantor yang berada di Mako Lanud Supadio. Dengan sigap dan cepat kebakaran tersebut dapat diatasi oleh personel dari Seksi Pemadam Kebakaran (PK), Dinas Operasi (Disops) Lanud Supadio serta didukung personel Satpomau, tim medis RSAU. dr. M. Sutomo dan anggota lainnya.  Setelah berhasil memadamkan sumber api ternyata terjadi kebakaran lagi namun ditempat lain yaitu di salah satu rumah anggota yang terletak di Komplek Dirgantara 2. Para personelpun segera bergerak ke TKP dan segera memadamkan api.  Untuk korban segera diberikan pertolongan oleh tim medis dari RSAU dr. M. Sutomo.

Kasiopslat Disops Mayor Pnb D. Leonard Dumatubun menjelaskan latihan penanggulangan kebakaran ini bertujuan untuk mengingatkan kepada seluruh anggota Lanud Supadio dalam hal penanggulangan kebakaran yang sesuai dengan protap dan prosedur yang berlaku.

“Kita semua tidak menginginkan terjadinya kebakaran namun bila terjadi kita harus siap menghadapinya.  Disinilah tujuan dari latihan simulasi penanggulangan kebakaran ini dimana setiap personel harus mengetahui  tugasnya bila sewaktu-waktu terjadi kebakaran sehingga dapat dengan cepat dan tepat  menyelamatkan barang berharga atau dokumen yang penting,” kata Kasiopslat.

Menurutnya, bila setiap personel mengetahui tugas dan fungsinya dalam menghadapi kebakaran tentunya kita berharap kerugian jiwa dan material dapat dihindari atau paling tidak dikurangi.

“Setelah dilaksanakan latihan ini tentunya setiap personel mempunyai gambaran dan wawasan dalam menghadapi bahaya kebakaran.  Sehari sebelum latihan ini, para prajurit di jajaran Lanud Supadio telah diberikan materi tentang pengenalan, pengetahuan dan pelatihan tentang penggunaan alat-alat pemadam kebakaran. Semoga bencana kebakaran tidak terjadi di lingkungan Lanud Supadio,” pungkasnya.     

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel