Berita

Lanud Supadio Gelar Sosialisasi dan Simulasi Penanganan Bahaya Kebakaran

Dibaca: 62 Oleh 19 Nov 2020Tidak ada komentar
Lanud Supadio Gelar Sosialisasi Dan Simulasi Penanganan Bahaya Kebakaran
#TNIAU 

TNI AU.  Personel Lanud Supadio melaksanakan simulasi dalam penanganan bahaya kebakaran yang digelar di depan kantor Pemadam Kebakaran Lanud Supadio, Rabu (18/11/2020) usai pelaksanaan apel pagi.

Simulasi penanganan bahaya kebakaran atau pemadaman kebakaran diawali dengan sosialisasi dan pengenalan secara umum terhadap Alat Pemadam Kebakaran (Alpeka) yang dapat digunakan baik bersifat konvensional maupun Alat Pemadam Api Ringan (APAR) oleh Kasi Baseops Lanud Supadio Letkol Sus Arif Budiman.

“Setiap personel Lanud Supadio harus selalu waspada terhadap bahaya kebakaran dan wajib dimengerti alat pemadam kebakaran yang dapat digunakan sesuai jenis kebakarannya baik Alpeka konvensional maupun APAR,” kata Kasi Baseops.

Kemudian tak berselang lama, simulasi pemadaman kebakaranpun dimulai dan semua  peralatan yang diperlukan telah disiapkan dan dipandu oleh Letda Tek Sudarto.

“Api timbul karena perpaduan tiga unsur yaitu media, oksigen dan panas sehingga cara mencegahnya dengan menghilangkan salah satu unsurnya,” jelasnya.

Klasifikasi kebakaranpun, menurutnya ada empat kelas yaitu, A, B, C dan D berdasarkan penyebab kebakaran dan setiap penyebabnya memerlukan penanganan yang berbeda.

“Seperti kebakaran kelas A yang disebabkan oleh daun maupun kayu bisa dipadamkan dengan air tapi akan berbeda perlakuan nya jika penyebabnya bahan bakar minyak tidak boleh memakai air, lebih baik menggunakan pasir,” tegas Letda Tek Sudarto

Pada pelaksanaan simulasi pemadaman kebakaran tampak beberapa personel melakukan percobaan pemadaman menggunakan Alpeka konvensional maupun APAR dan diujung gelaran tersebut disampaikan bahwa kesiapsiagaan dalam penanganan bahaya kebakaran mutlak sangat diperlukan namun meningkatkan kewaspadaan untuk mencegah terjadinya kebakaran merupakan langkah yang terbaik.

Lanud Supadio Gelar Sosialisasi Dan Simulasi Penanganan Bahaya Kebakaran

Lanud Supadio Gelar Sosialisasi Dan Simulasi Penanganan Bahaya Kebakaran

Baca juga:  DANLANUD HUSEIN SASTRANEGARA AWALI TAHUN BARU DENGAN TANAM POHON TREMBESI

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel