Berita

LANUD SUPADIO LATIHAN PEMADAM KEBAKARAN

Dibaca: 13 Oleh 16 Mei 2010Tidak ada komentar
IndonesianAF 1
#TNIAU 

Bahaya kebakaran tidak mengenal musim, waktu dan tempat. Sehingga setiap orang atau keluarga harus selalu waspada terhadap bahaya kebakaran tersebut. Untuk mengingatkan kembali tentang cara penggunaan alat-alat pemadam kebakaran dan teknik memadamkan api, maka Dinas Operasi melalui Seksi Pemadam Kebarakan (PK) Lanud Supadio mengadakan simulasi latihan penanggulangan bahaya kebakaran di Halaman kantor PK, Rabu (19/8), pukul 09.00 WIB.

 

Sebanyak 90 anggota yang terdiri dari anggota Lanud Supadio, Skadron Udara 1 dan Batalyon 465 Paskhas ikut serta pada acara simulasi latihan penanggulangan kebakaran. Dan dalam latihan ini juga diberikan materi tentang tata cara memberikan pertolongan pertama pada korban kebakaran.

 

”Latihan ini rutin kita laksanakan setiap tiga bulan sekali, dengan tujuan agar para anggota senantiasa selalu ingat tentang cara-cara menggunakan alat-alat PK yang ada di kantor, sehingga korban jiwa dan kerugian material dapat diminimalkan. Tapi kita berharap dan berdoa semoga bencana kebakaran tidak terjadi baik di kantor maupun di perumahan. Adapun penyebab terjadinya kebarakaran antara lain : tabung gas yang bocor, lilin, puntung rokok, korsleting listrik dan lain-lain,” jelas Kasubsi Alkambangja Silambangja Disops Lanud Supadio Kapten Lek Abdul Khamid.

Baca juga:  Danlanud Pattimura Tinjau Kesiapan Posko Terpadu Idul Fitri 1442 H di Bandara Internasional Pattimura

 

Sedangkan Letda Kes dr. Arya menerangkan tentang tata cara memberikan pertolongan pertama pada korban yang mengalami luka bakar. ”Penanganan luka bakar tergantung pada ringan atau beratnya luka tersebut. Untuk pertolongan pertama tentunya kita harus menjauhkan korban dari sumber api dan kemudian berusaha untuk mendinginkan luka bakar tersebut dengan menggunakan air biasa, jangan memakai air yang suhunya dingin,” ungkap dr. Arya.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel