Berita

Lanud Supadio Paksa Mendarat Pesawat Asing Tanpa Ijin

Oleh 12 Mar 2019 Maret 26th, 2019 Tidak ada komentar
Lanud Supadio Paksa Mendarat Pesawat Asing Tanpa Ijin
#TNIAU 

TNI AU. Pesawat Tempur Hawk 109/209 mendapatkan perintah dari Komando Atas (Kotas) untuk melaksanakan Intercept terhadap pesawat asing yang memasuki wilayah udara Indonesia.  Dan untuk selanjutnya pesawat Hawk yang berhome base di Skadron Udara 1 melaksanakan Force Down dan berhasil memaksa pesawat asing tersebut mendarat di Main Apron Lanud Supadio, Senin (11/3). 

Setelah mendarat, pesawat asing  yang diawaki oleh seorang pilot ini langsung diperiksa oleh tim Jihandak dari Yonko 465 Paskhas, setelah aman maka pilot asing tersebut diamankan oleh personel Satuan Polisi Militer Angkatan Udara (Satpomau). Kemudian pilot tersebut digelandang ke posko kesehatan guna diperiksa kesehatannya oleh personel RSAU dr. M. Sutomo Lanud Supadio dan kemudian diinterogasi oleh petugas pengamanan Intel Lanud Supadio. Sedangkan pesawatnya langsung diperiksa dan diamankan di main Apron Lanud Supadio dengan penjagaan.yang ketat dan diberi tanda  policeline dari Satpomau.

Kejadian ini merupakan salah satu skenario latihan satuan Alap Gesit “Mandau Terbang-19” di Pangkalan TNI AU (Lanud) Supadio yang melibatkan kekuatan unsur Udara yaitu pesawat Hawk 109/209, pesawat UAV, pesawat Helikopter Super Puma, Unsur Pasukan yang berasal dari Batalyon Komando 465 Paskhas, Unsur Hanud dari Denhanud 473 Paskhas dan Unsur Pangkalan.

Komandan Lanud Supadio, Marsma TNI Palito Sitorus, S.I.P., M.M, menyampaikan pelaksanaan latihan puncak Lanud Supadio ini bertujuan untuk melihat sejauh mana kesiapsiagaan Lanud Supadio dalam menghadapi berbagai tantangan tugas, salah satunya adalah pelaksanaan penindakan terhadap pesawat asing yang memasuki wilayah udara Indonesia tanpa ijin atau pelaksanaan latihan ForceDown.

“Salah satu tugas Lanud Supadio adalah sebagai satuan penindak terhadap setiap pelanggaran wilayah udara Indonesia.  Oleh karena itu,  kita menguji kesiapsiagaan seluruh unsur yang ada di Lanud Supadio ini, baik itu unsur tempurnya dan unsur lainnya. Kesiapsiagaan yang kita harapkan adalah kesiapsiagaan alutsista dan kesiapsiagaan personel yang mengawaki sesuai dengan bidang tugas masing-masing”, kata Danlanud.  

Selain pelaksanaan latihan Force Down, pada latihan puncak Lanud Supadio ini juga diujikan kesiapan pesawat tempur Hawk dalam melaksanakan Bantuan Tembakan Udara (BTU) yang dilaksanakan melalui Latihan Pengendalian Tempur (Dalpur) dengan melibatkan prajurit Batalyon Komando 465 Paskhas. Dalam latihan ini melibatkan SkadronUdara 51 sebagai unsur  intai  yang berfungsi sebagai Airborne FAC dalam pelaksanaan bantuan tembakan udara.

Latihan lainnya adalah pelaksanaan Combart Search And Rescue (Combat SAR) yakni latihan pencarian dan penyelamatan prajurit atau penerbang yang sedang berada di daerah pertempuran karena melaksanakan Eject dari pesawatnya  pada saat melaksanakan misi operasi udara. Pada latihan Combat SAR ini menggunakan pesawat helikopter Super Puma dengan membawa sejumlah prajurit Paskhas dengan pengawalan dua unit pesawat tempur. Latihan lainnya adalah menguji kesiapsiagaan prajurit Lanud Supadio dalam menghadapi Emergency Landing pada saat pesawat tempur menghadapi suatu permasalahan. Latihan ini melibatkan sejumlah unit pemadam kebakaran, tim medis dari RSAU. Dr. M. Sutomo dan personel Skadron Udara 1 dalam memperbaiki kerusakan pesawat yang menyebabkan terjadinya emergency landing tersebut, latihan ini dikemas melalui latihan Crash Team. Sedangkan Denhanud 473 Paskhas dengan alutsistanya berfungsi sebagai Hanud titik dan melaksanakan penindakan terhadap pesawat musuh, kemudian Pamhanlan juga bereaksi terhadap aksi yang dilakukan oleh pihak musuh.

Latihan puncak Alap Gesit 2019 ini merupakan latihan tingkat satuan yg melibatkan.ratusan prajurit diseluruh satuan jajaran yang ada di Lanud Supadio. Dalam latihan ini mengusung tema dengan Latihan Satuan Alap Gesit 2019 kita tingkatkan kemampuan satuan untuk melatih kesiapsiagaan Operasi Militer Perang dan Operasi Militer Selain Perang dalam rangka mendukung tugas Koopsau I. 

2._Latihan_Crash_Team

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel