Berita

Lanud Surabaya adakan latihan PHH.

Dibaca: 25 Oleh 15 Mei 2010Tidak ada komentar
Sukhoi Su-27
#TNIAU 

Wewenang untuk penanganan pengujuk rasa memang sepenuhnya hak dari pihak kepolisian, namun apabila terjadi di lingkungan Lanud Surabaya atau Kita diminta bantuan/dukungan dari pihak kepolisian maka seluruh anggota harus dapat melaksanakan dengan baik dan benar sesuai dengan prosedur yang berlaku. Demikian arahan Komandan Lanud Surabaya Kolonel Pnb Gatot Purwanto dalam acara Latihan PHH (Pengendalian Huru Hara) dihadapan 1 SSK anggota Lanud Surabaya bertempat di Mako Lanud Surabaya, Kamis(9/7).

 

Lebih lanjut Komandan Lanud Surabaya menerangkan, memang idealnya Pasukan PHH harus dilengkapi dengan peralatan dan pakaian PHH yang khusus dirancang untuk melindungi pasukan dari lemparan/benturan benda keras seperti helm pelindung kepala dan wajah, rompi pelindung dada, pelindung kaki, pelindung tangan, gas air mata sebagai penghalau massa dan Alsus berupa senjata dengan amunisi gas air mata. dan juga dalam penanganan pengunjuk rasa sendiri pasukan PHH harus dapat memberikan pelayanan secara demokratis dan tertib dengan mengutamakan tindakan secara persuasif.

 

Sementara untuk penanganan terhadap tindakan anarkis dari pengunjuk rasa, awalnya yang harus dilakukan adalah upaya pencegahan dengan tindakan tegas dan terukur sesuai prosedur yang berlaku, seperti mengadakan pengisolasian wilayah pengunjuk rasa, negoisasi, perintah bubar, pendorongan massa dengan menggunakan tameng, melemparkan gas air mata untuk menghalau massa. Kesemua tahapan tersebut harus selalu dilatihkan agar setiap anggota paham benar akan tugasnya “siapa berbuat apa” dengan demikian dalam menangani pengunjuk rasa tidak ada kesan kita berbuat arogan ataupun brutal.

Baca juga:  Komandan Dan Ketua PIA Lanud Abd Hadiri HUT Dharma Pertiwi

 

Diakhir arahannya Kolonel Pnb Gatot Purwanto meminta kepada jajaran Opslat untuk dapat bekerja sama dengan pihak kepolisian, untuk membantu memberikan ketentuan-ketentuan hukum yang berlaku sekarang ini dan juga tehnik penangan PHH dalam segala bentuk formasi disesuaikan dengan peralatan PHH yang kita miliki, hal ini sangat penting dikordinasikan dikarnakan pihak Kepolisian lebih paham dan sering melaksanakan PHH pada kondisi yang langsung berhadapan dengan massa.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel