Berita

Lanud Surabaya di Demo Massa

Dibaca: 13 Oleh 09 Feb 2012Tidak ada komentar
M 458 NA B 25 Mitchell Indonesian Airforce 7168661149
#TNIAU 

Anggota Lanud Surabaya yang kesehariannya disibukkan dengan berbagai aktifitas kerja,Rabu(8/2) tiba-tiba dikejutkan dengan suara sirine dari ruang Opslat tanda berkumpulnya seluruh anggota, untuk segera menuju ke gudang senjata mengambil peralatan PHH. Dengan sigap, dalam hitungan waktu 10 menit, satu SSK pasukan Lanud Surabaya telah berkumpul dan siap dengan peralatan PHH, seperti tongkat dan tameng.

Tidak lama kemudian Kadisops Lanud Surabaya Letkol Pnb Andri Gandhy datang dan memberikan instruksi kepada Danki SSK PHH dan para anggota untuk melaksanakan penghadangan warga dari Desa Sedati yang melaksanakan unjuk rasa dan berusaha masuk ke wilayah Lanud Surabaya dikarenakan mereka menuntut agar TNI AU membebaskan lahan yang saat ini tengah dikuasai oleh pihak Lanud Surabaya. Danki SSK PHH setelah menerima instruksi dan perintah dari Kadisops segera membawa pasukan untuk melaksanakan penghadangan terhadap pengunjuk rasa yang mulai masuk ke areal Mako Lanud Surabaya, Tidak beberapa lama Kadisops yang didampingi Dansatpom dan Kaintelpam serta TIM Aset Lanud Surabaya datang, guna melaksanakan negoisasi kepada para perwakilan pengunjuk rasa. Pelaksanaan negoisasi sendiri berjalan cukup alot, apalagi dengan semakin bertambahnya pengunjuk rasa yang diperkirakan berjumlah 200 orang membuat suasana semakin memanas, dan secara tiba-tiba tim negosiator dikejutkan dengan suara-suara teriakan dan lemparan dari arah kerumunan massa ke arah pasukan PHH.

Baca juga:  Sertijab Danlanud Sri Mulyono Herlambang dan Wiriadinata

Pada kondisi massa yang mulai berbuat anarkis tersebut, dengan tegas Kadisops Lanud Surabaya segera memerintahkan pasukan PHH untuk menghalau para pengunjuk rasa, dengan sigap dan cepat pasukan PHH melaksanakan penghalauan dengan prosedur tetap yang sudah dikuasai setiap anggota. Namun tetap saja dalam situasi yang sangat panas tersebut dan tindakan anarkis yang tidak terkendali dari pihak pengujuk rasa, membuat pasukan PHH bertindak lebih tegas. Sehingga mulai tampak dari kelompok massa yang berdemo mundur dan terjatuh akibat terinjak-ijak oleh temannya sendiri.

Dalam keadaan mencekam tersebut, Kepala Rumah Sakit Soemito Lanud Surabaya Mayor Kes dr.Mukti Arja Berlian, Sppd segera memerintahkan petugas kesehatan merapat ke tempat kejadian guna melakukan evakuasi dan pertolongan kepada korban. Dengan cepat, tanggap dan trengginas Tim Medis yang sudah terlatih kemampunnya, dibawah Komando Kapten Kes Sugiarno segera menuju kesasaran dan memindahkan para korban ke Area Triase, dimana sudah menunggu tim medis yang diawaki oleh para dokter yang berkompetensi. mereka bertindak profesional, tanpa memandang siapa korban baik dari pihak anggota PHH maupun pendemo langsung mendapatkan tindakan pertolongan pertama.

Baca juga:  Panglima TNI Beri Penghormatan Terakhir Kepada Para Korban Pesawat Hercules

Dengan cekatan, capat dan tepat Tim medis segera melakukan tindakan pertolongan bebat fraktur kepada para korban, mengatasi pendarahan serta memindahkan korban ketempat aman. Kemudian para dokter melakukan labelisasi guna menentukan korban mana yang mendapat prioritas utama untuk ditolong sesuai tingkat kegawatannya. Selanjutnya para korban mendapat tindakan pertolongan pertama berupa BTLS ( Basic Trauma Life Support) maupun BLS (Basic Life Support) untuk selanjutnya dilakukan evakuasi bagi korban yang membutuhkan penangan lebih lanjut setelah melalui pencatatan medik sesuai triase.

Akhirnya Dalam kurun waktu 30 menit pengunjuk rasa sudah dapat dihalau dan Pasukan PHH juga berhasil menagkap lima orang provokator untuk diamankan guna diambil keterangannya oleh anggota Intel dan Satpom Lanud Surabaya sebelum diserahkan kepada pihak kepolisian dengan tuduhan melakukan demo tanpa izin dan melaksanakan demo dengan anarkis.

Demikian sekelumit skenario yang disampaikan Wakil penanggung jawab Latihan Kesehatan Lapangan Rumah Sakit Soemitro Lanud Surabaya Mayor Kes Rahayu Kusdarini pada saat kegiatan simulasi Latihan PHH dan Latkeslap di Lanud Surabaya.

Baca juga:  Eratkan Tali Silaturahmi, Danlanud RHF Kunjungi Pemerintah Kota Tanjungpinang

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel