Berita

Lanud Suryadarma Gelar Apel Kesiapsiagaan Bencana Alam Bersama BPBD Subang

Dibaca: 8 Oleh 11 Des 2020Tidak ada komentar
Lanud Suryadarma Gelar Apel Kesiapsiagaan Bencana Alam Bersama BPBD Subang
#TNIAU 

TNI AU. PEN Sdm. Guna menghadapi berbagai bencana alam yang terjadi di Indonesia terutama di wilayah Kabupaten Subang Lanud Suryadarma menggelar apel kesiapsiagaan bencana alam bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Subang, yang dipimpin oleh Komandan Lanud Suryadarma Marsma TNI Djohn Amarul, S.AB., bertempat di Apron Baseops Dinas Operasi Lanud Suryadarma. Kalijati Subang, Kamis (10/12/2020).

Pada apel kesiapsiagaan kali ini Lanud Suryadarma menyiapkan Pasukan Tim Reaksi Cepat dan pasukan lainnya terdiri dari berbagai macam unsur yang siap digerakkan apabila terjadi bencana. Unsur yang dimaksud meliputi Unsur Kesehatan, Penerangan, Pengamanan Terbuka, Pengamanan Tertutup, Fasilitas Pemeliharaan, Angkutan, Search and Resque (SAR), Pelayanan Personel dan Dukungan Operasi Penerbangan sedangkan dari BPBD Subang sendiri menyiapkan beberapa unsuk kendaraan taktis dan peralatan penanggulangan bencana beserta pasukannya.

Danlanud Suryadarma dalam sambutannya menyampaikan bahwa tugas pokok TNI menurut Undang-Undang Nomor 34 tahun 2004 tentang TNI salah satunya yaitu Operasi Militer Selain Perang (OMSP). Bentuk OMSP TNI diantaranya adalah membantu tugas pemerintahan di daerah, membantu menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian dan pemberian bantuan kemanusiaan serta membantu pencarian dan pertolongan. “Kesiapsiagaan TNI khususnya dalam operasi penanggulangan bencana harus dipelihara dengan menyelenggarakan latihan secara periodik dan terukur sejak mulai perencanaan hingga pelaksanaan operasi di kawasan bencana sebagai bagian dari manajemen bencana,” imbuh Danlanud

Baca juga:  Atlet Taekwondo Yonko 462 Paskhas Meraih Medali Kejuaraan Bali Open International Taekwondo Tournament

Lebih lanjut dikatakan Danlanud Suryadarma bahwa melalui apel kesiapsiagaan bencana ini dari jajaran Lanud Suryadarma beserta BPBD Kabupaten Subang menjadi sarana untuk berkoordinasi dan meningkatkan kapasitas sarana prasarana dan logistik dari berbagai unsur agar mampu bersinergi dalam penanggulangan bencana di akhir tahun 2020 ini.

“Dengan selesainya apel kesiapsiagaan penanggulangan bencana ini, dapat saya nyatakan bahwa Lanud Suryadarma siap kapan saja untuk menghadapi kemungkinan di tahun 2021. Seluruh potensi yang ada di Lanud Suryadarma akan kami kerahkan apabila BPDB Subang memerlukan kondisi emergency yang harus kita atasi bersama. Bencana alam tidak mengenal tempat dan waktu, oleh karena itu kami dari Lanud Suryadarma 1×24 jam menyiapkan peralatan personil dan semua fasilitas yang ada untuk menghadapi dan memberi bantuan kepada rekan-rekan BPBD Kabupaten Subang,” tegas Komandan.

Pada kesempatan yang sama Kepala BPBD Kabupaten Subang H. Hidayat mengatakan bahwa bencana alam adalah tanggung jawab pemerintah kemudian masyarakat dan wira usaha maka melalui kegiatan ini kami berterima kasih sekali dimana tadi disampaikan oleh Komandan Lanud Suryadarma bahwa kesiapsiagaan dinyatakan dengan potensi yang ada bisa diperbantukan kapan saja dan dimana saja di wilayah khususnya Kabupaten Subang dalam rangka penanganan penanggulangan bencana.

Baca juga:  Danlanud Rsn Sambut Kedatangan Panglima TNI dan Kapolri

Kepala BPBD Subang pun mengatakan bahwa dari aspek pencegahan penangan dan pasca bencana alam ini tentunya kami akan terus berupaya dan bekerjasama serta berkolaborasi dengan istansi lain seperti TNI/POLRI.

“Ini akan kami tindak lanjuti terus dalam kenyataan di lapangan dan tidak hanya seremonial tetapi kita implementasikan di lapangan dimana Subang berada di rangking ke 5 di Jawa Barat dari mulai longsor hingga banjir. Oleh karena itu, kami terus bangun kekuatan yang berkolaborasi bersama Lanud Suryadarma dan BPBD dan semoga Kabupaten Subang terus jaya sesuai dengan cita-cita Jawara masyarakat yang jaya, istimewa dan sejahtera yang lepas dari kehidupan bencana,” pungkasnya.

Usai pelaksanaan apel kesiapsiagaan, dalam kesempatan itu juga dilakukan pemeriksaan peralatan dan perlengkapan baik dari Lanud Suryadarma maupun dari BPBD Subang yang diperlukan seperti perahu karet, pelampung, helm, dayung, gergaji mesin, tambang, sekop, senter, sepatu boots hingga kendaraan khusus seperti mobil pemadam kebakaran, ambulans, truk, mobil kawal, mobil Meteorologi dan VCP (Vehicle Control Post).

Baca juga:  Kasau Resmikan Monumen Pesawat Tempur Mig 17 F Lanud Sultan Hasanuddin

Kemudian acara dilanjutkan dengan kegiatan demo dukungan logistik dengan menjatuhkan Helibox melalui udara dan melaksanakan evakuasi medis dengan menggunakan pesawat Helikopter EC-120 Colibri dari Skadron Udara 7 Wing 8 Lanud Suryadarma yang disaksikan oleh seluruh peserta apel.

Hadir dalam apel tersebut Komandan Wing 8 Kolonel Pnb Khairun Aslam, Para Kepala Dinas Lanud Suryadarma serta para pejabat dari Lanud Suryadarma dan BPBD Subang.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel