Berita

Lanud Suryadarma Gelar Latihan Puncak “Walet Trampil”

Dibaca: 3 Oleh 12 Jul 2011Tidak ada komentar
c130 hercules indonesian air force approaching
#TNIAU 

Seluruh jajaran di Lanud Suryadarma, Subang Selasa (12/7) menggelar latihan puncak tingkat satuan bernama “Walet Trampil” sebagai sarana menguji profesionalisme prajurit dalam tugas-tugasnya di bidang kematraudaraan. Latihan dipusatkan di landasan depan kantor Base Ops Lanud Suryadarma dengan disaksikan para pejabat dan perwira Lanud Suryadarma.

Dalam sambutannya pada upacara pembukaan Komandan Lanud Suryadarma Kolonel Pnb H. Dumex Dharma, S.AP., M.Si, (Han) menyebutkan latihan Walet Trampil akan dilaksanakan selama dua hari ke depan (12-13/7) dengan melibatkan prajurit-prajurit dari unsur-unsur yang ada di Lanud Suryadarma seperti kru pesawat Skadron Udara 7, Rumah Sakit, Tim Rescue, Prajurit Paskhas dan prajurit serta staf pendukung lainnya. Melalui latihan tersebut akan diketahui seberapa baik koordinasi, kerjasama dan kesigapan prajurit dalam menyelesaikan tugas sesuai perannya masing-masing, untuk mencapai tujuan bersama dalam latihan.

Menurut Letkol Pnb Suliono S.Sos., sebagai Direktur Latihan sekaligus Kepala Dinas Operasi Lanud Suryadarma menyebutkan dalam Latihan Walet Trampil diibaratkan pada suatu masa terjadi situasi yang tidak menentu di sekitar Lanud Suryadarma berupa adanya pesawat musuh yang melaksanakan aktifitas mencurigakan. Sehingga digerakkanlah unsur-unsur pasukan pertahanan pangkalan Lanud Suryadarma dan unsur pertahanan vertikal maupun horisontal Kompi “B” BS Paskhas untuk mengusir musuh dan melindungi wilayah Lanud Suryadarma.

Baca juga:  Pangkosekhanudnas I Kuker ke Satrad 216 Cibalimbing

Selanjutnya diperoleh informasi ada satu pesawat Hawk milik kawan yang tertembak pesawat musuh di sekitar wilayah Lanud Suryadarma, oleh karena itu dilaksanakanlah combat SAR dari Lanud Suryadarma dengan menerjunkan unsur Pesawat Helikopter dan Pasukan Paskhas dari Kompi “B” BS Paskhas. Setelah posisi pesawat diketahui dilaksanakanlah evakuasi medis terhadap satu kru pesawat Hawk oleh Prajuri Paskhas yang kemudian setelah di bawa ke Lanud Suryadarma langsung di bawa ke Rumah Sakit Lanud Suryadarma untuk dilaksanakan penanganan medis.

Selanjutnya unsur helikopter juga melaksanakan dukungan logistik terhadap kru pesawat Hawk di medan depan dengan teknik sling. Namun ketika helikopter kembali mengalami accident, sehingga crash team Lanud Suryadarma mulai melaksanakan tugas pertolongan terhadap helikopter tersebut.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel