Berita

LANUD SURYADARMA LOKASI GERAKAN PENGHIJAUAN TINGKAT KABUPATEN SUBANG TAHUN 2009

Dibaca: 5 Oleh 19 Mei 2010Tidak ada komentar
Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala
#TNIAU 

Memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI), Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Kabupaten Subang memilih Lanud Suryadarma sebagai lokasi pencanangan Gerakan Penanaman Pohon Satu Orang/One Man One Tree (OMOT) tingkat Kabupaten Subang, Kamis (10/12). Acara dipusatkan di kebun depan Rumah Dinas Komandan Lanud Suryadarma dengan hadiri sekitar 1000 orang dari berbagai instansi dan lapisan masyarakat di kabupaten Subang.

 

Acara dimulai pukul 09.00 WIB dengan laporan Kepala Dishutbun Syamsudin yang menjelaskan hal-ihkwal Gerakan Penanaman Satu orang Satu Pohon. Disampaikan bahwa tahun 2009 Lanud Suryadarma dipilih menjadi lokasi bagi gerakan penanaman tingkat Kabupaten Subang dengan jumlah bibit tanaman sekitar 22.250. Di sampaikan pula tujuan gerakan penanaman adalah untuk mencegah pemanasan global, banjir dan mendayagunakan lahan untuk tanaman yang produktif.

 

Selanjutnya Sekretaris Pemerintah (Sekda) Kabupaten Subang Komir Bastaman, Msi. mewakili Bupati Subang membacakan amanat Bupati. Dijelaskan sejak 2008 telah dicanangkan gerakan menanam pepaya di lingkungan keluarga yang manfaatnya antara lain selain untuk penghijauan buahnya juga untuk kesehatan dan bernilai ekonomis. Oleh karena itu selain tanaman pepaya diharapkan setiap rumah menamam satu orang satu pohon dengan berbagai jenis tanaman agar dengan melakukan penanaman di pekarangan, lingkungan dan lahan-lahan kosong akan menjadikan Subang menjadi daerah yang rindang, sejuk dan terhindar dari berbagai bencana karena alamnya terpelihara. Untuk tujuan itu pada bulan ini dicanangkan sebagai Bulan Menaman. Terakhir Sekda mengetuk hati masyarakat dalam kegiatan menanam agar mempertahankan mata air, mengutip kata mutiara berbunyi “jangan coba-coba mewariskan air mata tapi wariskan mata air kepada generasi muda”.

Baca juga:  PIA LANUD ABD SALEH TANAM POHON

 

Pada kesempatan tersebut hadir pula para pejabat seperti Komandan Lanud Suryadarma Kol Pnb Widiantoro,MBA, Komandan Kodim Subang Letkol Inf Stefanus Mahury, Kepala Kejaksaan Subang, Kepolisian Resor Subang, perwakilan dari Dinas, Badan, Lembaga di Subang dan instansi terkait dari Provinsi Jawa Barat. Di samping itu terdapat pula ibu-ibu beserta organisasi-organisasi kemasyarakatannya dalam Gerakan Perempuan Tanam Pelihara Pohon. Mereka menanam sekitar 2000 batang bibit tanaman secara seremonial seperti Mahoni, Albesia, Suren, Ginelina dan Jati yang dibantu oleh siswa-siswa SMK Angkasa Kalijati dan SMK 2 Pertanian Subang.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel