Berita

Lanud Suryadarma Memperingati Tahun Baru Hijriyah 1438 H

Dibaca: 3 Oleh 07 Okt 2016Tidak ada komentar
21722ef118dabb8b34f8ca385dddf40d
#TNIAU 

Segenap anggota Lanud Suryadarma, Wingdiktekkal, dan PIA AG Bakorcab Kalijati melaksanakan peringatan Tahun Baru Hijriyah 1438 H/2016 M, di masjid Ar Rahman Lanud Suryadarma, Kamis (6/10). Kegiatan peringatan Tahun Baru Hijriyah yang diawali dengan pembacaan ayat suci Al-qur’an kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Komandan Lanud Suryadarma Marsma TNI Suparmono.

Dalam sambutannya Komandan Lanud Suryadarma Marsma TNI Suparmono yang dibacakan oleh Danwing 8 Lanud Suryadarma Kolonel Pnb Sapuan mengatakan bahwa momentum Tahun Baru Hijrah adalah waktu yang tepat untuk kembali merenungkan tentang seruan agar umat muslim meninggalkan segala bentuk perbuatan dosa. Hijrah secara tekstual memang identik dengan berpindahnya Rasulullah SAW dari Mekkah ke Madinah. Namun ada makna yang lebih dalam yaitu melakukan perubahan ke arah yang lebih baik menuju kesempurnaan. Ini dilakukan dengan perubahan perilaku, ibadah, amaliah dari yang biasanya buruk menjadi baik.

Lebih lanjut dikatakan dalam konteks sekarang, hijrah yang harus dilakukan umat islam adalah berupaya sekuat tenaga melakukan perubahan ke arah ketaqwaan. Sedangkan hijrah nonmaterial dilakukan dengan cara muhasabah, introspeksi diri. Dari hasil intropeksi diri, harus ditindaklanjuti dengan bukti nyata, mujahadah. Mulai melakukan perubahan amal saleh yang bermanfaat bagi umat manusia. Wujudnya seperti silaturahim dengan tetangga maupun aktif di masyarakat, semua itu dilakukan dalam rangka muqorobah yaitu mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Baca juga:  Dojang Taekwondo Lanud S. Sukani Koleksi 5 Medali dalam Dankorpaskhas Cup V

Pada kesempatan itu komandan juga mengajak seluruh prajurit agar mampu mengevaluasi diri, merencanakan dan meningkatkan pengabdian di masa mendatang agar menjadi manusia yang bermanfaat bagi kemaslahatan umat dimanapun kita bertugas. Sebagai prajurit yang memiliki sapta marga dan sumpah prajurit, saya yakin kita mampu mengaktualisasikan nilai-nilai hijriah dalam pelaksanaan tugas, yang diembankan oleh negara kepada kita.

Kemudian acara dilanjutkan dengan ceramah rohani yang disampaikan oleh bapak KH. Hidayat S.Ag. M.Si., dari Kabupaten Subang, yang menyampaikan “ mari kita hijrah dari kebatilan menuju kebaikan, cintailah masjid. Karena masjid harus menjadi terminal kesenangan bukan hanya untuk merawat jenasah dan yang susah-susah”. Jelasnya.

Kemudian disampaikan juga bahwa ada dua hal orang yang akan ketemu didunia yaitu kebahagian dan kesusahan sebagai ujian karena hidup didunia akan semakin berat dan tantangannya kedepan oleh sebab itu apapun pekerjaan maupun perbuatan akan serasa ringan ababila kita mengerjakannya dengan tulus dan iklas. Setelah acara siraman rohani kemudian dilanjutkan dengan doa bersama yang dipimpin oleh bapak KH. Hidayat S.Ag. M.Si.,

Baca juga:  PERSONEL LANUD ROESMIN NURJADIN LAKSANAKAN LARI SIANG

Hadir pada cara peringatan 1 Muharam 1438 H, Danwing 8 Lanud Sdm, Kepala Dinas Operasi Lanud Sdm, Para pejabat Lanud Suryadarma dan Wingdiktekkal serta ibu ibu PIA AG Bakorcab Kalijati.

 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel