Berita

LANUD SURYADARMA PERINGATI IDUL QURBAN 1431 HIJRIAH

Dibaca: 0 Oleh 18 Nov 2010Tidak ada komentar
BAe Hawk 209
#TNIAU 

Dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Qurban 10 Dhulhijjah 1431 Hijriah umat muslim di Kalijati umumnya dan keluarga besar TNI AU khususnya turut menyelenggarakan Sholat ‘Id bersama di Lapangan Sepak Bola Lanud Suryadarma, Kalijati, Rabu (17/11). Sholat Id berlangsung pada pagi hari dihadiri sekitar 800 jamaah termasuk Komandan Lanud Suryadarma Kol. Pnb Irwan Is. Dunggio S.Sos., pejabat Lanud Suryadarma, Wingdiktekkal dan masyarakat lainnya yang dilanjutkan dengan penyembelihan hewan kurban di halaman Masjid Jami Ar Rohman, Lanud Suryadarma.

Acara diawali laporan ketua panitia peringatan Kapten Pnb Anggit Budi Wibowo, S.AP., yang menyampaikan jumlah hewan kurban yang akan disembelih meliputi 3 ekor sapi dan 33 ekor domba. Sedangkan Danlanud Suryadarma Kol. Pnb Irwan Is. Dunggio S.Sos., dalam sambutannya menyampaikan peringatan Idul Adha merupakan momentum ibadah sosial yang ditandai dengan kerelaan berkorban bagi umat muslim yang mampu dengan hewan-hewan yang dipersyaratkan agama untuk disembelih agar dagingnya dibagikan kepada umat yang memerluka. Hal ini merupakan bentuk solidaritas dan soliditas umat muslim untuk saling membantu agar memperoleh pahala serta membudayakan tolong-menolong sehingga memperoleh keselamatan dunia dan akhirat. Hikmah tersebut telah dicontohkan oleh Nabi Ibrahim Alahi Salam beberapa abad lalu yang patuh menjalankan perintah Allah Subhana Wa Taala untuk menyembelih putranya Ismail sebagai bukti ketaqwaannya.

Sementara itu Khotib Ustad Toto Ubaidillah, S.Pd.I., Sekretaris Lembaga Dakwah Nahdatul Ulama Kabupaten Subang sebagai khotib menguraikan hikmah-hikmah Idul Adha yang di sebut juga Hari Raya Kurban dan Hari Raya Haji. Diceritakan kisah hidup Keluarga Nabi Ibrahim Alaihi Salam ketika Istri dan anaknya yang masih bayi mendapat wahyu untuk pergi jauh dari kampung halamannya agar mendiami sebuah lembah yang sunyi tanpa kehidupan manusia di dalamnya. Namun dengan kesabaran, kerelaan dan ketaqwaan perintah tersebut dijalani hingga akhirnya wilayah tersebut berkembang menjadi kota yang makmur bernama Mekkah sebagai pusat umat Islam menjalankan ibadah haji. Ditekankan hikmah ibadah kurban adalah kesadaran untuk berkorban sebagai wujud ketaqwaan seseorang kepada Tuhan dengan ditunjukkan melalui amalan yang mengutamakan kepentingan orang lain daripada kepentingan diri-sendiri.

Rangkaian peringatan Idul Adha 1431 Hijriah di Lanud Suryadarma dilaksanakan dengan berbagai acara meliputi takbir keliling, pengumpulan hewan-hewan korban, penyembelihan dan pendistribusian daging bagi warga di sekitar Lanud Suryadarma. Menurut rencana terdapat sekitar seribu paket daging yang akan dibagikan bagi masyarakat baik anggota Lanud Suryadarma maupun warga sekitarnya.

Baca juga:  Penyerahan 24 Pesawat F-16 EDA Di Lanud Iswahjudi

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel