Berita

LANUD SURYADARMA SEBAGAI DROP ZONE BAGI BATALYON 461 PASKHAS

Dibaca: 12 Oleh 21 Mei 2010Tidak ada komentar
Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala
#TNIAU 

Suasana pagi yang hening di Lanud Suryadarma, Subang terpecah oleh kedatangan Pesawat Herkules yang menerjunkan peterjun dari prajurit Batalyon 461 Wing Paskhas di Runway Lanud Suryadarma, Senin (8/2). Kegiatan tersebut merupakan latihan terjun penyegaran bagi 205 prajurit mengingat tugas pokok mereka berkaitan dengan payung udara dalam hal perawatan dan pelayanan untuk prajurit dari unsur tempur TNI AU. Dalam kesempatan itu juga ada seorang berpangkat pamen yang bernama Mayor Psk Komang sebagai penerjun pertama.  

Menurut Komandan Batalyon 461 Wing I Paskhas Letnan Kolonel Psk Novla yang didampingi oleh Dansatkes Mayor Psk Dr Faisal serta beberapa Perwira senior. Peterjun diberangkatkan dengan pesawat Herkules dari Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta sekitar pukul 08.14 WIB dan di drop ke sasaran pukul 09.00 WIB, dengan ketinggian 1500 feet.  Mereka diterjunkan dengan tiga sortie.  Karena angin bertiup cenderung lemah dan cuaca cerah maka penerjunan dapat berjalan lancar dan  tidak ada prajurit yang mengalami cidera serius.

Lanud Suryadarma memiliki medan  yang cukup potensial untuk latihan peperangan maka dari itu Lanud ini kembali dipilih sebagai daerah latihan yang landasannya luas dan relatif aman dari pepohonan yang tinggi. Namun mendung yang menyelimuti daerah sekitar Lanud Suryadarma sedikit menunda kegiatan latihan penerjunan ini. 

Baca juga:  Komandan, PIA AG Cab 16/D-1 beserta seluruh anggota Lanud Maimun Saleh Menanam dan Melestarikan Pohon Produktif.

Penerjunan ini dilakukan setiap 3 bulan sekali dan merupakan latihan rutin sebagai bentuk kesiapan setiap prajurit dalam mengahadapi medan pertempuran. Pada kesempatan tersebut  para personel diberikan pembekalan materi dilapangan  tentang teori pertempuran dan pengenalan medan peperangan secara sempurna.    Selanjutnya setelah para penerjun telah melaksanakan tugasnya, berkumpul kembali untuk berangkat menuju daerah persiapan.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel