Berita

Lanud Tanjungpinang, Gelar Latihan Cross Country bersama Batalyon Marinir dan Satrad 213

Dibaca: 13 Oleh 08 Jun 2015Tidak ada komentar
Lanud Tanjungpinang, Gelar Latihan Cross Country bersama Batalyon Marinir dan Satrad 213
#TNIAU 

Sekitar 150 personel TNI terdiri dari prajurit Lanud Tanjungpinang, Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) IV Tanjungpinang serta Satrad 213 Bintan mengikuti latihan Pertahanan Pangkalan (Hanlan), Cross Country (CC) dan menembak yang digelar oleh Lanud Tanjungpinang, Jumat (5/6). Latihan bersama ini dipimpin langsung oleh Komandan LANUD Tanjungpinang Letkol Pnb I Ketut Wahyu Wijaya. Dari Satrad dipimpin oleh Komandan Satrad 213 Mayor Lek Yudhi Eko S serta Komandan Yonmarhanlan IV Mayor Marinir Isna Muhsin Abdilah.

LANUD Tanjungpinang sebagai pemrakarsa kegiatan ini, melakukan pelatihan bersama dimulai dengan patroli pertahanan pangkalan. Kemudian dilanjutkan cross country sejauh 4 kilometer serta menembak menggunakan senapan laras panjang dan pistol. Di puncak latihan digelar latihan renang militer di kolam renang Hanaria Batu 12. Kegiatan latihan ini dimaksudkan untuk peningkatan kemampuan pasukan TNI yang bertugas menjaga kedaulatan NKRI di batas terdepan.

Danlanud Tanjungpinang Letkol Pnb I Ketut Wahyu Wijaya mengatakan, sebagai satuan yang berada di batas terdepan RI, kemampuan prajurit harus terus di tingkatkan. ”Saya sebagai komandan Lanud Tanjungpinang menggelar latihan ini mengajak 2 satuan berbeda lainnya guna memupuk rasa persaudaraan sesama anggota TNI, kerjasama dan gotong royong antar satuan,” ungkap Letkol Pnb I Ketut Wahyu Wijaya.

Baca juga:  Lanud Supadio Menjadi Obyek Wasrikkap Itjenau

Selain mempersiapkan kemampuan setiap anggota antar satuan, latihan ini juga memupuk persaudaraan sesama anggota TNI. Tujuannya untuk menciptakan kerukunan, sinergitas antar satuan yang berbeda. Untuk itu sebagai satuan yang berdiri di wilayah terdepan NKRI, Lanud Tanjungpinang mengajak Satrad 213 serta Yonmarhanlan IV Tanjungpinang untuk bersama-sama meningkatkan kesiapsiagaan personel.

“Saya selaku komandan Yonmarhanlan IV Tanjungpinang, senang sekali mengikuti latihan bersama ini. Dengan begitu anggota saya bisa saling kenal, walau dari satuan yang bebeda. Disamping membina jasmani personil, tentunya tercipta rasa kebersamaan. Hal yang terpenting sekali, meningkatkan profesionalisme prajurit,” ujar Mayor Marinir Isna Muhsin Abdilah.

Hal senada juga disampaikan Dansatrad 213 Mayor Lek Yudhi Eko S, “Latihan ini mampu membentuk semangat juang dan ketangkasan prajurit, mengasah kekompakan dan jiwa korsa bagi setiap prajurit walaupun berasal dari satuan yang berbeda, demikian Dansatrad 213 berkomentar.

Atas prakarsa Danlanud Tanjungpinang, Latihan ini diperlombakan. Tujuannya adalah untuk memupuk sportifitas dan kerjasama antar regu. Setiap regu berjumlah 10 orang terdiri dari anggota Lanud, Marinir dan Satrad 213.

Baca juga:  Lanud Soewondo Terima Satgas Dewan Pers

Setelah penilaian dari semua kegiatan, maka hasil juara diumumkan. Untuk Lomba cross country, juara I diraih Regu V pimpinan Letda Mar Iyan Sofyan sementara Jura cross country tercepat perorangan diraih oleh Prada Irham anggota Watpers Lanud Tanjungpinang. Lomba menembak, nilai tertinggi diraih oleh Praka Agung Yudo Anggota Satpom Lanud Tanjungpinang, Juara II dan III diraih oleh Yonmarhanlan IV, Renang militer, Juara I Berergu diraih oleh Regu 7 pimpinan Letda Sus Said.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel