Berita

Lanud Tarakan Laksanakan Sosialisasi Narkoba DAN VCT

Dibaca: 5 Oleh 17 Sep 2015Tidak ada komentar
9b842766a265b99c2bf19666b186f743
#TNIAU 

Dalam rangka meningkatkan kepedulian serta pencegahan dini dan penularan penyakit menular seksual seperti HIV dan AIDS, Lanud Tarakan melaksanakan kegiatan sosialisasi terpadu yang melibatkan Tim dari BNK (Badan Narkotika Kota) Tarakan dan KPPA (Komisi Penanggulangan dan Pemberantasan Aids) Kota Tarakan pada rabu (16/11) yang bertempat di gedung serba guna Lanud Tarakan.

Sebagai rangkaian dari sosialisai terpadu dilaksanakan pengecekan urine terhadap seluruh anggota Lanud Tarakan yang dipimpin langsung oleh Komandan Lanud Tarakan Letkol Pnb Tiopan Hutapea, S.Sos. Kegiatan pemeriksaan ini juga tak luput bagi para pejabat setingkat Kadis Lanud Tarakan yang turut di periksa, sama seperti anggota lainya. Para anggota yang melakukan pemeriksaan tak satupun juga dapat lolos dari pantauan Danlanud Tarakan yang di bantu Dansatpom, Kaintel serta petugas kesehatan. Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan pada hari ini petugas kesehatan tidak menemukan adanya anggota yang positif mengkonsusumsi Narkoba.

Dalam sambutannya Danlanud Tarakan Letkol Pnb Tiopan Hutapea, S.Sos menyampaikan” sesuai Intruksi KASAU bahwa setiap prajurit TNI Angkatan Udara harus bebas dari penyalahgunaan narkoba ataupun zat terlarang lainya. Narkoba merupakan musuh kita bersama yang harus diberantas, jangan sampai narkoba merusak masa depan negara kita”.

Lebih lanjut Danlanud menambahkan “Semangat ini harus terus kita gelorakan dan juga harus didukung semua pihak termasuk keluarganya. Sengaja test urine ini diadakan untuk mengetahui secara langsung apakah ada anggota yang mengkonsumsi Narkoba. apabila ada anggota yang terjaring memakai Narkoba bukan tidak mungkin anggota tersebut akan kita tindak sesuai dengan aturan yang berlaku. Hal tersebut sejalan dengan penegasan Pimpinan TNI AU tentang bahaya Narkoba. Kita berharap jangan sekali-kali anggota Lanud Tarakan terlibat dengan Narkoba, baik sebagai pemakai apalagi sebagai pengedar sanksi tegas pasti akan diterima, jelasnya”.

Sementara itu Kasi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNK (Badan Narkotika Kota) Tarakan Bapak Akhmad Sujai M.H mengatakan “Melalui pemberitaan media massa dapat kita saksikan fakta ancaman kejahatan narkotika. Kasus kejahatan narkotika yang melibatkan warga Negara Indonesia maupun warga Negara asing hampir setiap hari berhasil diungkap oleh aparat penegak hukum dengan jumlah barang bukti yang sangat besar, bukan hanya puluhan kilo melainkan ratusan kilo, bukan hanya puluhan butir melainkan ribuan butir. Barang bukti narkotika yang sangat besar tersebut dapat meracuni jutaan warga negara sekaligus dapat menjadi senjata pemusnah massal yang akan menghancurkan bangsa Indonesia, terutama Wilayah Kalimantan Utara yang berbatasan langsung dengan wilayah Tawau Malaysia sering dijadikan Jalur Suplai peredaran Narkoba Internasional”.

Lebih lanjut Bapak Akhmad Sujai menambahkan ”bahwa sampai sejauh ini belum ada Prajurit Lanud Tarakan yang masuk dalam data intelejent BNN, artinya, sampai sejauh ini belum ada prajurit Lanud Tarakan yang yang terlibat dalam penyalahgunaan narkoba. Selain itu, Kepala BNK Kota Tarakan juga merasa bangga karena TNI Angkatan Udara khususnya Lanud Tarakan telah beberapa kali mengadakan sosialisasi tentang bahaya narkoba yang merupakan hasil kerja sama dengan BNK Kota Tarakan, hal tersebut bisa dikatakan bahwa TNI Angkatan Udara khususnya Lanud Tarakan telah menjadi pelopor dalam memerangi Narkoba dijajarannya”.

Kegiatan dilanjutkan dengan VCT (Voluntary Counseling Test) bagi seluruh anggota Lanud Tarakan yang didukung oleh Peer Educator KPPA Tarakan. Pengecekan VCT diawali dengan konseling face to face kemudian dilanjutkan pengambilan darah untuk test HIV dan AIDS. Kegiatan VCT ini terlaksanan berkat kerja sama antara Poliklinik Bhuwana Lanud Tarakan dengan Dinkes Kota Tarakan, BKKBN Kota Tarakan dan KPA (Komisi Penanggulangan Aids) Kota Tarakan.

Pada Sosialisasi HIV/AIDS tersebut Ketua KPA Kota Tarakan dr. Abdul Manaf Choirul M.Kes menyampaikan bahwa “Lanud Tarakan sampai saat ini menjadi pelopor di jajarannya dalam upaya mencegah penyebaran virus HIV, Lanud Tarakan adalah salah satu institusi TNI di Tarakan yang menunjukkan kepedulian yang tinggi terhadap anggotanya terhadap bahaya HIV AIDS yang mengancam, hal ini ditunjukkan dengan terbukanya Lanud bagi upaya sosialisasi bagi anggotanya dan program pencegahan penyakit menular yang dilaksanakan oleh Pemda dan Dinkes Kota Tarakan. Pemeriksaan VCT yang dilakukan terhadap seluruh anggota Lanud dengan hasil negatif dan selalu menunjukkan statistik yang baik dalam bulan ke bulan, karena pemeriksaan ini dilaksanakan rutin setiap tiga bulan”.

Lanud Tarakan Laksanakan Sosialisasi Narkoba DAN VCT

Baca juga:  PERISTIWA 29 JULI 1947

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel